oleh

Empat TKI Asal Muna Yang Dideportasi Malaysia Langsung Diminta Dikarantina

SUARAMERDEKA.ID – Empat orang TKI asal Muna Provinsi Sulawesi Tenggara yang dideportasi dari Malaysia diputuskan oleh Tim Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Muna untuk dikarantina. Hal ini dilakukan untuk menjaga segala kemungkinan yang tidak diinginkan

Puluhan Tim Gugus tugas Covid 19 Muna hadir di tenda posko Tim Gugus Tugas covid-19 di area parkir, depan dermaga Pelabuhan Nusantara Raha, Rabu (15/4/2020). Tim ini terdiri dari TRC.BPBD, Tim Medis, TNI, Polri, Trasmigrasi Kabupaten Muna, Syahbandar Pelabuhan Nusantara Raha, Pol PP, dan relawan.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Trasmigrasi Ketenagakerjaan Haidar yang ditemui awak media menjelaskan, tim gugus covid-19 akan melakukan pendeteksian terhadap penumpang kapal. Terlebih lagi pihaknya mendapat informasi, diantara penumpang kapal, ada 4 TKI asal Muna yang dideportasi dari Malaysia.

“Bahwa kehadiran kami disini, untuk melakukan pendeteksian terhadap ratusan penumpang. Yang lebih urgent adalah informasi yang kami terima, bahwa ada empat penumpang TKI yang diderpotasi oleh pemerintah malaysia. Dan hari ini, Rabu 15 April 2020 sekitar jam 16.00 WITA, akan tiba di Pelabuhan Nusantara Raha. Dengan mengunakan Kapal MP. Cantika,” kata Haidar.

Masih di tempat yang sama, Kepala Dinas BPBD Muna La Ode Ikbar Rifai, yang ditemui suaramerdeka.id menuturkan, pihaknya akan melakukan pendeteksian suhu badan di Pelabuhan Nusantara Raha. Mereka akan menggunakan alat pengukur suhu thermometer tembak terhadap penumpang yang baru tiba dari bepergian. Perhatian khusus diberikan jika ada jejak digital baru tiba dari daerah yang masuk dalam wilayah zona merah.

“Terkait dengan apa yang disapaikan dari pihak trasmigrasi, inilah yang menjadi proritas kita. Karena tak dapat dipungkuri, sesuai dengan data nasional, mulai dari Malysia sampai ke Muna, keempatnya akan melalui beberapa daerah zona merah. Yang walaupun tanpa gejala kami tetap akan melakukan karantina. Baik itu di RSUD maupun Karantina mandiri di rumah sendiri, tergantung hasilnya nant. Namun tetap kami akan jadikan sebagai ODP, karena bersal dari luar daerah. Siapapun dia,” terang lelaki yang akrab disapa Dodhy.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan tentang hasil deteksi keempat TKI asal Muna tersebut. Namun sumber mengatakan bahwa keempat TKI tersebut, berasal dari dua wilayah yang berbeda di Muna, yaitu Pasir Putih dan Watupute. (MAC)

Loading...

Baca Juga