oleh

Wakil Ketua Fraksi PKS Mulyanto Minta PLN Bentuk Tim Siaga Banjir

SUARAMERDEKA.IDWakil Ketua Fraksi PKS DPR-RI Mulyanto meminta PLN menyiapkan tim siaga di setiap unit layanan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan akibat banjir yang terjadi di sejumlah titik yang melanda Sebagian Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi. Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya ini menyebabkan banjir yang tidak hanya di pemukiman warga saja. Tercatat sejumlah jalan-jalan umum hingga jalan tol ikut tergenang air.

Mulyanto mengingatkan, pada musim hujan seperti ini, PLN harus siaga memantau keadaan di setiap wilayah. Meski warga yang mengalami banjir sangat perlu listrik, tapi PLN harus juga mempertimbangkan aspek keamanan dan keselamatan.

“Dalam kondisi banjir, sangat rawan terjadi korsleting listrik dan terjadi arus liar. Untuk itu perlu ada tim yang paham keadaan,” ujar Mulyanto dalam pernyataannya, Rabu (1/1/2020).

Ia berharap PLN belajar dari pengalaman sebelumnya dimana saat banjir melanda sering jatuh korban jiwa karena sengatan listrik arus liar. Ia juga meminta PLN lebih cepat tanggap menghadapi berbagai kejadian. PLN perlu menertibkan sambungan-sambungan listrik liar yang menjadi penyebab utama adanya arus liar.

“Kita jangan mengulang kesalahan yang sama. Kita perlu gerak cepat untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan,” imbuh Mulyanto.

Sementara itu Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka menegaskan, PLN terpaksa melakukan pemadaman sementara di sejumlah wilayah. Pemadaman dilakukan demi menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik.

“Terpantau hingga pukul 16.00 WIB, dari 23.700 gardu distribusi yang ada di Jabodetabek sebanyak 3100 Gardu distribusi dipadamkan sementara. Untuk wilayah Banten, dari total 14.000 gardu distribusi sebanyak  228 gardu distribusi yang ada di wilayah kerja PLN UID Banten terpaksa dipadamkan untuk keamanan warga,” kata I Made Suprateka, Rabu (1/1/2019).

Ia menghimbau msyarakat yang wilayahnya mulai tergenang air untuk mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB). Ia juga menghibau untuk mencabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak. Untuk menjaga agar alat elektronik tidak rusak, disarankan untuk memindah ke tempat yang lebih aman.

“Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan,” ujarnya. (OSY)

Loading...

Baca Juga