oleh

KSOP Sorong Gelar Bersih Laut dan Pantai

SUARAMERDEKA.ID – Dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional tahun 2019, berbagai kegiatan digelar untuk menyemarakan Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Distrik Doom Kota Sorong Provinsi Papua Barat, Kamis (12/09/2019).

Walikota Sorong yang diwakili Asisten III Rudi Laku membacakan sambutan Menteri Perhubungan. Dalam sambutannya dijelaskan bahwa untuk menyemarakan hari Perhubungan Nasional tahun 2019, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang menginisiasi kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai yang dilaksanakan serentak di Pelabuhan seluruh Indonesia.

“Gerakan Bersih Laut dan Pantai ini, dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia merupakan Negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar kedua di Dunia. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia dan Badan Pusat Statistik, sampah plastik di Indonesia menjapai 64 Juta Ton/tahun. Dimana sebanyak 32 Juta Ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut,” kata Asisten III Rudi Laku.

Baca Juga :  Bupati Maybrat Ajak Masyrakat TNI Dan Polri Jumat Bersih
KSOP Sorong Gelar Bersih Laut dan Pantai
Gerakang bersih laut di Sorong

Sampah plastik sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup ekosistem bawah laut. Untuk itu Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan bertekad dan menargetkan penurunan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025.

Pelaksanaan Gerakan Bersih Laut dan Pantai hal ini merupakan salah satu upaya nyata Kementerian Perhubungan. Kemenhub ingin memberikan edukasi pada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di laut. Serta mengajak untuk berperilaku hidup bersih dimanapun kita berada.

“Saya berharap semoga perilaku hidup bersih dapat menjadi Budaya masyarakat Indonesia. Karena jika laut dan pantai bersih maka dapat menjadi Investasi masa depan bagi generasi penerus kita,” jelas Asisten III Rudi Laku.

KSOP Sorong Gelar Bersih Laut dan Pantai

Turut hadir dalam kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai adalah sebagai berikut, Danlantamal XIV Sorong, Direktur Polair Polda Papua Barat, Kepala Dinas Perhubungan Kota Sorong, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman, Kepala Distrik Navigasi Kelas 1 Sorong, Direktur Polihteknik Pelayaran Sorong, Kepala Bandar Udara DEO Kelas 1 Sorong, Kepala BPTD Wilayah XXV Sorong, Kepala Pencarian dan Pertolongan Kelas B Sorong, Kepala Kesehatan Pelabuhan Kelas III Sorong, Kepala Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sorong, Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong, Kasad Polair Polres Sorong Kota, General Manager PT. Pelindo IV Cabang Sorong, General Manager ASDP Cabang Sorong, Kepala Cabang PT. BKI (Persero) Cabang Pratama Sorong, Mahasiswa/i Universitas Muhammadyah Sorong. (OSB)

Loading...

Baca Juga