oleh

JAKI Segera Dirikan Sekretariat Kampanye Nasional UNWCI di Indonesia

JAKI Segera Dirikan Sekretariat Kampanye Nasional UNWCI di Indonesia. Oleh: Yudi Syamhudi Suyuti,
Koordinator Eksekutif JAKI (Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional).

Setelah di deklarasikan kampanye terbuka pada 14 November 2019 di New York, JAKI akan segera dirikan sekretariat kampanye nasional UNWCI (United Nations World Citizen Initiative / Partisipasi Warga Dunia Persatuan Bangsa-Bangsa) di Jakarta.

Rencana ini sedang kami siapkan dan bulan depan kami agendakan untuk bisa mulai bekerja.

Sekretariat Nasional ini begitu penting, karena posisi Indonesia yang memiliki populasi rakyat warga negara yang besar.

Sehingga diperlukan penggalangan dari setiap provinsi, kabupaten/kota hingga desa. Selain itu juga penggalangan komunitas juga menjadi penting hingga individu juga menjadi penting. Dan ini akan membutuhkan konsolidasi kelompok masyarakat sipil di Indonesia dari banyak elemen. Baik dari LSM, Ormas, Kelompok Pergerakan, Pemuda, Komunitas Agama, Budaya dan segala elemen.

Baca Juga :  JAKI Hadiri Sidang Tuntutan Emak-Emak Ex Relawan Prabowo-Sandi

Sebagai kekuatan rakyat kehadiran UNWCI begitu penting untuk ditetapkan menjadi badan baru di PBB pada sidang Majelis Umum PBB di usianya yang ke 75, tahun 2020 mendatang untuk menempatkan perwakilan rakyat dalam keputusan-keputusan dunia di PBB.

Tentu rakyat Indonesia dapat berpartisipasi aktif untuk ikut menentukan arah PBB termasuk Majelis Umum dan Dewan Keamanan. Dan ini mendorong tercapainya kedaulatan rakyat di Indonesia dalam skala nasional, karena partisipasi rakyat berada pada keputusan kedaulatan rakyat di PBB sebagai keputusan dari pusat organisasi paling penting di dunia.

Dari deklarasi kampanye UNWCI yang diinisiasi Democracy Without Border, Civicus dan Democracy International telah bergabung 100 lebih organisasi masyarakat sipil di dunia.

Dengan keterlibatan rakyat Indonesia, maka posisi UNWCI menjadi semakin kuat untuk diputuskan Majelis Umum PBB. Selain itu, Indonesia akan menjadi salah satu pemain kunci dalam menggolkan proposal rakyat di PBB. Sehingga rakyat dapat mengawasi dan ikut mengarahkan kebijakan-kebijakan Negara-Negara anggota PBB dan Badan-Badan Khususnya. Tentu Negara sangat diuntungkan dalam pembentukan Sekretariat Kampanye Nasional UNWCI ini. Karena akan terjadi titik temu yang adil antara rakyat dan negara. Dampaknya adalah kepentingan nasional dan internasional, rakyat dan negara dapat tercapai. Yaitu dalam mewujudkan SDG’s (Sustainable Development Goals / Tujuan Pembangunan Jangka Panjang) pada 2030.

Pergerakan rakyat ini merupakan sebuah konsensus baru sebagai penentu arah reformasi PBB. Dimana penekanannya ada pada prinsip piagam PBB yang berangkat dari satu prinsip, “Kita Rakyat !.”

Loading...

Baca Juga