oleh

Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Korban Insiden Helikopter Jatuh di Paniai

SUARAMERDEKA.ID – Tim gabungan TNI Polri dan Basarnas berhasil mengevakuasi korban insiden helikopter PK USS milik PT Nasional Utility Helicopter (NUH) yang jatuh di kabupaten Paniai pada 17 September 2020. Ketiga korban berhasil diselamatkan dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Nabire provinsi Papua.

Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH helikopter tersebut membawa bahan makanan. Helikopter PK USS milik PT Nuh dinyatakan hilang kontak dengan posisi terakhir berada di koordinat 3:33.3 S,136:9.28 E.

Tim gabungan TNI-Polri dan Basarnas serta pihak Hely melakukan pencarian dengan menggunakan Pesawat Caravan SNK Tipe C 208 di titik koordinat. Upaya Pencarian terus dilakukan dengan berputar disekitar lokasi kejadian

“Karena cuaca yang tidak bersahabat karena awan tebal menyelimuti daerah tebing dan hari mulai gelap, pencarian dihentikan,” kata Ahmad Musthofa Kamal dalam pernyataannya, Sabtu (19/9/2020).

Ia melanjutkan, tim evakuasi Take Off menggunakan helikopter Airfast bantuan PT. Freeport Indonesia dari Bandara Moses Kilangin Timika menuju TKP Helikopter PK USS di Kali Degeuwo Kabupaten Paniai. Mereka melakukan pemetaan lokasi serta mengevakuasi Korban dari TKP pada pukul 06:00WIT. Kemudian pukul 08.30 WIT helikopter Asian One PK LTA take Off dari Bandara Nabire menuju Siriwo KM 100. Untuk melakukan Evakuasi Korban.

“Kedua korban di angkat dengan tali safety di TKP pendaratan darurat helikopter lewat Jalur Udara menggunakan Helikopter Airfast freeport. Kedua crew atas nama Endi Nawalaga dan Erik Kurniawan langsung di evakuasi ke Nabire menggunakan Helly Asian One Air Register PK-LTA,” tuturnya.

Helikopter Air Fast milik PT. Freeport dengan register PK-ZGR landing di Helly Pad KM 100 Distrik Siriwo Kabupaten Nabire dengan mengevakuasi 1 crew Helly milik PT. NUH Register PK-USS atas nama Muh Aswar Jamal (HLO) dan langsung dilakukan pertolongan pertama oleh tim medis.

Helikopter Asian One PK LTA tiba di Bandara Aturure Douw Nabire membawa kedua korban atas nama Erik Kurniawan dan Endi nawalaga kemudian di evakuasi ke RSUD Nabire.

Helikopter Caraĺkal TNI AU menjemput korban atas nama Aswar Jamal di Siriwo KM 100. Lalu dibawahnya ke Kabupaten Nabire kemudian di evakuasi menuju RSUD Nabire.

Ketiga korban Insiden Helikopter PK USS Milik PT. Nasional Ultility Helicopter di Kali Degeuwo Kabupaten Paniai tiba di Bandara Aturure Douw dalam keadaan selamat, sabtu (19/09/2020).

“Ketiga Korban Insiden Helikopter PK USS BELL 212 adalah Erik Kurniawan, Endi Nawalaga dan Aswar Jamal di Kali Degeuwo Kabupaten Paniai dinyatakan dalam keadaaan selamat. Dan sementara mendapatkan penanganan medis di RSUD Nabire,” tutupnya. (OSB)

Loading...

Baca Juga