oleh

Kendaraan Komersial Paling Cocok Pakai Teknologi Hybrid

SUARAMERDEKA.ID – Meskipun perkembangan teknologi kendaraan saat ini sudah menuju pada penggunaan full electric, namun teknologi hybrid lah yang paling cocok untuk kedaraan komersial. Hal krusial tidak cocoknya teknologi full electric untuk kendaraan komersial adalah permasalahan pengisian daya.

Demikian dijelaskan Deputy General Manager Product Planning PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Prasetyo Adi Yudho pada seminar “Hino Advance Technology Hybrid”. Seminar ini digelar di Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (19/7/2019).

Ia menjelaskan, kendaraan komersial adalah kendaraan yang memiliki mobilitas tinggi. Kondisi ini tidak memungkinkan bila teknologi full electric diterapkan. Permasalahan yang terjadi disaat kendaraan membutuhkan pengisian daya. Karena infrastruktur stasiun pengisian daya listrik masih belum tersedia di banyak tempat.

“Kalau full listrik, nanti nge-charge-nya dimana? Kalau hybrid kan tidak perlu di-charge. Karena otomatis mengisi daya saat pengereman atau melepas gas,” kata Prasetyo Adi Yudho.

Lanjutnya, kelebihan truk hybrid adalah pemanfaatan B20 yang juga diklaim hemat bahan bakar. Berdasarkan studi Hino, teknologi hybrid dapat menekan konsumsi bahan bakar sekitar 40 persen dibandingkan dengan mesin kombusi (sistem pembakaran) internal.

“Solarnya saja bisa dihemat, ditambah lagi tenaga listrik. Jadi makin efisien bahan bakarnya,” jelas Prasetyo Adi Yudho.

Ia menuturkan, sejak kemunculannya pada 2003, Hino Dutro Hybrid telah berhasil memimpin bisnis transportasi di Jepang. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan teknologi hybrid yang handal dan ramah lingkungan. Hino Dutro Hybrid yang menggunakan diesel electric hybrid system mampu menurunkan konsumsi bahan bakar, hingga menyentuh 13.6 Km per liternya.

“Sebagai perusahaan yang pertama mengembangkan teknologi hybrid di dunia pada tahun 1991, Hino Dutro Hybrid sejak kemunculannya pada 2003 telah berhasil memimpin bisnis transportasi di Jepang,” ujar Prasetyo Adi Yudho.

Kendaraan komersial Hino Dutro Hybrid ini dipamerkan di GIIAS 2019. Walaupun keberadaannya menjadi salah satu kendaraan komersial favorit diJepang, namun sampai saat ini unit tersebut masih belum dipasarkan di Indonesia. (OSY)

Loading...

Baca Juga