oleh

Pasar Ramadhan Untuk Keperluan Lebaran Segera di Buka

SUARAMERDEKA.ID – Meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat Banyuwangi melalui tradisi Pasar Ramadhan 1444 H/ 2023 M, biasa digelar di pasar kota Banyuwangi di bilangan jalan Satsiut Tubun, dan jalan Alun – alun Blambangan, surat ijin yang di ajukan panitia pasar Ramadhan tanggal 20 Februari 2023. Nomor 001/PPRPB/BWI/II/2023. Perihal penyelenggaraan Pasar Ramadhan 1444 H/ 2023 ke Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mendapat ijin Bupati Banyuwangi, melalui balasan atas nama (A/n) Sekertaris Daerah (Sekda) di tandatangani Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Dwi Yanto, tertanggal 31 Maret 2023.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banyuwangi, Drs. Dwi Yanto mengatakan kalau titik lokasi pasar Ramadhan di areal jalan jalan Satsuit Tubun untuk penataan pedagang kue lebaran. Trotoar area pasar Banyuwangi steril dari pedagang dan parkir. Pintu gerbang pasar Banyuwangi timur ke arah gedung juang 45 sampai batas rumah dinas NdanDim 0825 dan rumah dinas Kapolresta di gunakan sebagai area pedagang pasar Ramadhan sesuai lay out, dan lokasi parkir berada di lahan parkir Sritanjung, halaman dalam inggrisan, Gedung Wanita Paramita Kencana serta mentaati SOP.

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi Kamtibmas, Polres Muna Adakan Pengobatan Gratis

“Surat permohonan panitia pasar Ramadhan intinya disetujui, dan panitia senantiasa mentaati kreteria areal titik lokasi jalan yang diijinkan dengan mengedepankan SOP, kebersihan serta kondusif.” kata Dwi Yanto.

Secara terpisah ketua paguyuban Pasar Banyuwangi, Sudirman mengakui surat permohonan sudah di balas dari Pemda Ter tanggal 31 Maret 2023. Rencana pasar Ramadhan berjalan tanggal 4 April hingga 21 April 2023. Dan siang ini para pedagang Ramadhan kita kumpulkan di balai Kelurahan Kepatihan untuk mendapat pengarahan.

“Balasan surat dari Pemkab Banyuwangi sudah turun, dan kami selaku panitia menindaklanjuti surat itu untuk kita ajukan ke Polsek Kota, dilanjut ke Polresta Banyuwangi untuk perijinan. Dan baru siang ini (Senin) para pedagang Ramadhan untuk keperluan lebaran kita kumpulkan di balai Kelurahan Kepatihan guna mendapatkan pengarahan.” terang Sudirman, Senin (3/4/2023) siang, usai acara pengarahan.

Lanjut Dirman, sapaan akrab Sudirman menambahkan kalau pasar Ramadhan ini kita start setelah legalitas ijin dari Polrestabes turun. Finish pelaksanaan kegiatan pasar Ramadhan untuk keperluan lebaran berjalan hingga tanggal 21 April 2023.

Baca Juga :  IPW Minta Polri Contoh TNI AD Soal Buka-Bukaan Kasus LGBT

“Walau Pemkab sudah mengijinkan, tetapi surat itu kita tindaklanjuti ke Polsek Kota, untuk minta perijinan dari Polresta, baru pasar Ramadhan kita buka. Pasar Ramadhan nanti berakhir hingga 21 April mendatang. Dan perlu kita ketahui, para pedagang kue dan baju kebutuhan lebaran ini semua warga ber katu tanda penduduk (KTP) Banyuwangi.” tambah Dirman.

Lokasi pasar Ramadhan untuk pedagang yang menjajakan kepentingan keperluan lebaran berada di jalan Satsuit Tubun dengan menutup akses jalan Satsuit Tubun, alun – alun Blambangan Utara, sisi selatan dengan menggunakan satu terob memanjang barat ke timur, dan pedagang tidak boleh menutup tenda satu sisi, artinya tenda terob terbuka selama Pasar Ramadhan berakhir. Dan penataan parkir sisi barat langsung masuk ke lahan parkir Sritanjung, tengah masuk halaman dalam inggrisan serta sisi timur masuk ke lahan parkir Gedung Wanita Paramita Kencana.(BUT)

Loading...