oleh

Peringati Satu Dekade, Ratusan Pesepeda Ramaikan “Dekade Ride” API Banyuwangi

SUARAMERDEKA.ID – Memperingati sepuluh tahun atau satu dekade berdiri, sekolah pilot, Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi, menggelar kejuaraan balap sepeda, Dekade Ride, Minggu (26/11/2023).

Sebanyak 250 cyclist dari 50 kabupaten/kota di 15 provinsi se-Indonesia, turut serta di kejuaraan yang start dan finish di Kompleks Lapangan Terbang API Banyuwangi tersebut.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengapresiasi API Banyuwangi, yang telah berkontribusi besar menyiapkan sumberdaya penerbang di tengah semakin berkembangnya industri penerbangan nasional. Telah ratusan penerbang termasuk putra daerah Banyuwangi yang lulus, dan kini banyak betebaran di berbagai maskapai dan industri penerbangan Indonesia.

“Teriima kasih kami ucapkan kepada API Banyuwangi yang selama 10 tahun telah memberikan kontribusi yang besar bagi dunia penerbangan Indonesia, termasuk bagi Banyuwangi,. Selamat bertanding dan selamat berwisata di Banyuwangi.” ujar Ipuk, saat menghadiri kejuaraan Dekade Ride, di API Banyuwangi.

Baca Juga :  Bamsoet Ingatkan Siswa Baru Untuk Tidak Takut Hadapi Kegagalan

Rute Dekade Ride sepanjang 91,5 kilometer melewati Songgon, Sragi, Temuguruh, Genteng, Srono, Muncar, dengan tingkat elevasi mencapai 441 meter.

Dekade Ride sekaligus melengkapi beragam sport tourism sepeda di Banyuwangi tahun ini. Sebelumnya juga digelar kejuaraan sepeda di Banyuwangi seperti Bluefire Ijen KOM Challenge, Tour of Kemala 2023, dan Ijen Geopark Downhill.

Sementara Direktur API Banyuwangi, Capt. Daniel Dewantoro Rumani, mengatakan event ini merupakan bentuk apresiasi kepada masyarakat Banyuwangi yang telah mendukung API Banyuwangi selama 10 tahun.

“Kami ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat Banyuwangi melalui event ini. Kami juga ingin memperkenalkan API Banyuwangi lebih luas kepada masyarakat Indonesia, khususnya para pecinta sepeda.” kata Daniel.

Baca Juga :  Bertemu Bupati, NU Siap Kolaborasi Sukseskan Program Pemerintah Banyuwangi

Daniel menjelaskan rute yang dipilih untuk event ini memiliki tantangan tersendiri bagi para peserta. Ia menambahkan ada delapan kategori yang dilombakan, yaitu tim Kementerian Perhubungan, Men Elite, Women Open, Men Junior, Men Youth, Master C, Master B, dan Master A.

“Rute yang dilewati sejauh 91,5 km dibagi menjadi 3 segment, yaitu Cycling For All, Climbing Challenge, dan Individual Road Race. Kami berharap event ini bisa menjadi ajang silaturahmi dan sportivitas antara para cyclist.” ucap Daniel. (BUT).

Loading...