oleh

Polsek Sandai Amankan 5 Orang Penambang Ilegal

SUARAMERDEKA.ID – Jajaran Polsek Sandai Polres Ketapang mengamankan 5 orang penambang ilegal. Penangkapan ini adalah hasil operasi penertiban kegiatan penambangan emas tanpa izin (PETI) di  lokasi Dusun Sayan Desa Riam Dadap Kecamatan Hulu Sungai Kabupaten Ketapang, Senin (14/9/2020) pukul 09.00 WIB.

Pada operasi yang dipimpin Kapolsek Sandai AKP Muslimin, tim berhasil mendapatkan sejumlah alat bukti. Diantaranya 10 keping emas (belum ditimbang) dan peralatan penambangan.

“Ada 5 orang warga yang kita amankan yang sedang bekerja di lokasi tambang. Yang mana salah satunya yang berinisial As berasal dari Pontianak. Kita sinyalir merupakan kepala dari rombongan para penambang liar tersebut,“ ujar AKP Muslimin di Mapolsek, Selasa (15/9/2020) pukul 14.00 WIB.

Tim dari Polsek Sandai melanjutkan penyisiran ke seluruh areal tambang, namun tidak menemukan lagi aktifitas penambang ilegal. Hanya sejumlah warga yang sedang beristirahat di warung sekitar areal tambang.

“ Untuk penanganan perkara tambang ilegal ini dilimpahkan ke Satuan Reskrim Polres Ketapang beserta kelima pelaku dan barang bukti. Dan hari ini juga kita geser ke Mapolres Ketapang guna dilakukan pemeriksaan intensif,” tambah Muslimin

Ditambahkannya, kegiatan penertiban ini akan terus dilakukan untuk memberantas segala bentuk penambangan emas tanpa izin di wilayah Sandai.

“ Sesuai perintah dari Bapak Kapolres Ketapang. Bahwa kami akan tetap melakukan penertiban penambangan tanpa izin. Yang tentunya dengan mengedepankan langkah preemtif dan preventif,” tutup Kapolsek Sandai. (ARH)

Loading...

Baca Juga