oleh

Sebelum Musim Hujan DPU CKPP Banyuwangi Bersihkan Sampah di Saluran Air Bawah Trotoar

SUARAMERDEKA.ID – Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Pemukiman dan Perumahan (DPU CKPP) Kabupaten Banyuwangi, melalui unit pelaksana tehnis daerah (UPTD) Banyuwangi sudah melakukan action sedia payung sebelum hujan.

Action activitas UPTD, DPU CKPP Banyuwangi memiliki enam wilayah kecamatan, diantaranya kecamatan Banyuwangi, Wongsorejo, Kalipuro, Giri, Glagah dan Licin, khusus seputar kota yang terbiasa banjir saat hujan, sejak awal bulan Nopember sudah melakukan bersih – bersih saluran air dalam kota.

Menurut kepala UPTD DPU CKPP Banyuwangi, Yulian mengatakan kalau kesadaran masyarakat dalam membuang sampah masih sembarangan. Hal itu saat kita bersama rekan rekan pembersihan bawah trotoar dalam kota, kita menemukan tumpukan sampah luar biasa di dalam gorong – gorong, dan kasur kecil, bantal dan galon yang sudah rusak di buang di saluran air bawah trotoar.

Baca Juga :  Bupati Muna Datang ke Warung Makan Naik Motor Tanpa Pengawalan

“UPTD DPU CKPP Banyuwangi ini melakukan activitas mencegah banjir seputar kota, sebelum musim hujam tiba. Activitas yang kita lakukan membuat bersih seluruh saluran air bawah trotoar seputar kota. Artinya saat musim hujan turun, saluran air lancar dan mengurangi banjir.” terang Yulian, Rabu (8/11/2023).

Yulian menambahkan, kalau warga masyarakat dalam kota dalam membuang sampah, kesadarannya masih kurang. Terbukti kita masuk lorong bawah trotoar, ada barang rusak seperti kasur, bantal, galon. Kalau sampah itu wajar.

“Kurangnya kesadaran masyarakat tentang sampah itumngkin malas membuang atau jarak membuangnya jauh, atau sampah rusak Yanng besar seperti kasur, bantal, galon dan lainya, mengingat tempat sampah yang dimilikinya dan setiap hari diambil tukang sampah tidak cukup atau tidak memadai, dimungkinkan tengah malam, atau saat sepi membuang dengan membuka tutup trotoar. Andai kita tidak membersihkan alur sungai / air bawah trotoar di saat musim hujan, itu penyebab pertama banjir dalam kota. Dan PR kita ke titik – titik saluran air bawah trotoar yang rawan banjir setiap musim penghujan, masih lumayan banyak.” tambah Yulian.

Baca Juga :  Dance Yulian Flassy Segera Jabat Sekda Provinsi Papua

Saluran air bawah trotoar dalam kota sejak Nopember yang sudah di lakukan UPTD DPU CKPP Banyuwangi di jalan Adi Sucipto, depan PJR, Ahmad Yani, Bengawan, Sudirman, Basuki Rahmat, Yos Sudarso.

Dalam setiap hari bersih bersih hasil wallet atau sampah ringan dan berat lebih 20 sak karung berisi sampah parah.(BUT).

Loading...