oleh

Selama Ramadhan Hingga Lebaran 1444 H, Stok Cabai dan Bawang Merah di Banyuwangi “Aman”

SUARAMERDEKA.ID – Kabupaten ujung Timur Pulau Jawa, tepatnya tlatah Bumi Blambangan memastikan untuk Ramadhan hingga lebaran Idul Fitri 1444 H stok cabai dan bawang merah dipastikan aman.

Hal itu dikatakan Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan Pangan) Kabupaten Banyuwangi, Iham Juanda, sudah melakukan monitoring ke beberapa sentra penanaman cabai dan bawang merah untuk memastikan ketersediaan stoknya.

Di antaranya, sentra penanaman cabai merah besar di Desa Tamanagung, Kecamatan Cluring. Sentra penanaman cabai rawit dan bawang merah di Desa Sumbersewu dan Tembokrejo, Kecamatan Muncar; serta Desa Bimorejo dan Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo.

“Alhamdulillah sejauh ini semua aman. Terlebih Maret – April sudah memasuki musim panen.” kata Ilham.

Baca Juga :  Tujuh Tersangka Kasus Persetubuhan Anak di Bawah Umur Diamankan Polresta Banyuwangi

Ilham menyebut panen pada periode tersebut cukup untuk menyuplai kebutuhan masyarakat Banyuwangi, selama bulan Ramadhan hingga Lebaran 1444 H / 2023 M.

Diperkirakan saat panen, produksi cabai rawit mencapai 10.518 ton, cabai merah besar 1.425 ton, dan bawang merah 870 ton.

Sementara rata-rata kebutuhan konsumsi masyarakat Banyuwangi untuk komoditas cabai rawit sebanyak 272 ton per bulan, cabai merah besar 323 ton per bulan, dan bawang merah 383 ton per bulan.

“Artinya stok cabai dan bawang merah kita masih surplus. Harapannya, dengan pasokan yang terus terjaga, harga komoditas cabai dan bawang merah tetap stabil.” kata Ilham lagi, dengan nada berharap.

Selain dua komoditas tersebut, stok komoditas pangan yang lain juga diklaim aman. Berdasarkan data neraca pangan pokok tahun 2022, ketersediaan beras Banyuwangi sebesar 424.987 ton, sedangkan kebutuhan masyarakat hanya sebesar 165.411 ton, atau terjadi surplus beras sebesar 259.576 ton.

Baca Juga :  Keren, Desa Tamansari Masuk Juara 1 Desa Wisata Katagori Digital Tingkat Nasional 2021

Kondisi surplus juga terjadi pada komoditas jagung sebesar 195.171 ton, daging sapi 70,39 ton, daging ayam ras 1.102 ton.

Sebelumnya, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani juga memastikan ketersediaan BBM, elpiji, dan beras terjaga memasaki bulan Ramadan hingga Lebaran mendatang. Ipuk mengunjungi Depo Pertamina Tanjung Wangi dan Gudang Bulog di Ketapang Banyuwangi, Jumat kemarin. (BUT)

Loading...