oleh

Seniman Banyuwangi Gelar Pameran Seni Sewu Gandrung

SUARAMERDEKA.ID – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi  M Yanuarto Bramuda membuka pameran seni rupa Sewu Gandrung karya 65 seniman dan 22 fotografer Banyuwangi. Pameran ini digelar 14-21 November 2020 ini diselenggarakan di Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi.

Menurut Bramuda, pameran ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendukung eksistensi kalangan seniman. Ia meyakini, hadirnya pelaku seni rupa ini membawa kebaikan bagi Banyuwangi karena selama ini seni lukis, fotografi, dan seni patung menjadi bagian penting bagi perkembangan pariwisata di Banyuwangi.

“Karya seni telah memperkaya pariwisata Banyuwangi. Karena itu kami memberi ruang agar karya-karya kreatif para perupa bisa terus tumbuh,” kata Bramuda saat membuka pameran, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga :  Universitas Muhammadiyah Jember Jajaki Kerjasama dengan Pemkab Banyuwangi

Ia berharap, keberadaan pameran ini menumbuhkan kembali semangat seniman Banyuwangi untuk tetap berkarya. Ia meyakini, hasil karya seniman asli Banyuwangi mampu menarik perhatian para kolektor seni.

“Kami memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para seniman lukis, patung dan foto. Kami ingin ini bisa menjadi bagian dari destinasi. Orang bisa melihat, belajar, diskusi, dan membeli dari tempat ini. Semoga pameran ini membawa manfaat untuk seniman dan khalayak umum,” ucap Bramuda.

Seniman Banyuwangi Gelar Pameran Seni Sewu Gandrung
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat mengunjungi pameran seni di Banyuwangi tahun 2019

Sementari itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pameran ini merupakan momentum untuk mewujudkan gotong royong dalam aksi nyata di masa pandemi Covid-19.

“Kita semua tidak lagi melihat sekat antara satu dengan yang lain, tidak ada lagi perbedaan antara pemerintah dan non-pemerintah, kita semua dapat bersikap bijak dan berbuat bajik dengan saling menguatkan dan saling mendukung upaya bersama melawan Covid-19,” kata Anas saat dihubungi, Minggu (15/11/2020).

Baca Juga :  LPBI Jatim: Pemerintah harus Tertibkan Pom Mini

Anas mengapresisi pameran seni Sewu Gandrung karena bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam menyikapi pandemi covid-19. Di tengah pandemi para seniman Banyuwangi bisa terus berkarya untuk mewujudkan karya-karya nyata. Anas mengatakan hadirnya pelaku seni ini membawa kebaikan bagi daerah.

“Terima kasih kepada seluruh seniman yang telah turut andil dan terlibat dalam kegiatan ini. Semoga ini bisa berdampak pada sektor ekonomi para pelaku seni yang sudah delapan bulan terdampak covid-19, baik secara ekonomi dan sosial budaya,” tambah Anas. (BUT)

Loading...

Baca Juga