oleh

SKSG UI Gelar International Conference on Strategic and Global Studies

SUARAMERDEKA.ID – Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) akan menggelar The 3-rd International Conference on Strategic and Global Studies (ICSGS – III) atau Konferensi Internasional Kajian Stratejik dan Global III. Konferensi ini digelar selama 2 hari, yakni (6-7/11/2019) di Hotel Sari Pacific, Jakarta.

Konferensi internasional ini mengangkat tema Security Strategy and National Resilience in Post Human Era. Atau Strategi Keamanan dan Ketahanan Nasional di Era Pasca-Manusia. Tema ini terbagi lagi ke dalam sejumlah sub tema, yakni Keamanan, Teknologi, Ekonomi, Budaya, Terorisme dan Ekstrimisme, serta Ketahanan Nasional.

ICSGS-III ini akan dibuka secara resmi oleh Direktur SKSG UI, Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A., Ph.D. Sebagai keynote speaker dalam acara ini ialah Prof. John Harrison dari Rabdan Academy Uni Emirat Arab (UEA).  

“Acara ini didukung oleh The International Association for Counterterrorism and Security Professionals (IACSP). Sejumlah artikel paper yang lolos seleksi juga akan dibuat proceedings-nya melalui jurnal ilmiah terindeks Scopus, Insight Turkey Journal (Atlantis Press Proceeding-red). Informasi selengkapnya mengenai kegiatan ICSGS-III ini dapat dilihat di laman www.icsgs.sksg.ui.ac.id,” kata Direktur SKSG UI.

Baca Juga :  Jalur Tol Kayu Agung ke Pematang Panggang Diberlakukan One Way

Kemudian terdapat tiga sesi Diskusi Pleno dalam ICSGS-III ini. Sesi pertama diskusi pleno akan menghadirkan tiga narasumber. Antara lain perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), perwakilan dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI dan perwakilan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Adapun moderator dalam sesi ini ialah dosen Program Studi (Prodi) Kajian Terorisme SKSG UI, Muhammad Sya’roni Rofii, Ph.D.

Sedangkan sesi kedua diskusi pleno ICSGS-III ini akan menghadirkan dua narasumber. Associate Prof. Ir. Dr. Jimmy Mok vee Hoong dari University College Sedaya International (UCSI) Malaysia dan Direktur Regional South-East Asia (SEA) untuk International Association for Counterterrorism and Security Professionals (IACSP) – Centre for Security Studies, Andrin Raj. Adapun moderator dalam sesi ini ialah dosen Prodi Kajian Ilmu Kepolisian (KIK) SKSG UI, Dr. Basir.

Baca Juga :  Nayla Patricia Sabet Juara Pertama Lomba Mendongeng Tingkat Pelajar

Lalu sesi ketiga diskusi pleno dalam ICSGS-III ini akan menghadirkan dua narasumber, antara lain Matteo Vergani, Ph.D., dari Deakin University dengan tema Cross Border Cooperation for Combating Terrorism and Organized Crime in Asia Pasific atau Kerja Sama Linta Sabat untuk Memerangi Terorisme dan Kejahatan Terorganisir di Asia Pasifik.

Narasumber lainnya ialah Prof. Noorhaidi Hasan S.Ag, M.A., M.Phil., Ph.D., dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, dengan tema Religion Based Community Resilience Against Radicalism in Indonesia atau Ketahanan Masyarakat Berbasis Agama Melawan Radikalisme di Indonesia. Adapun moderator dalam sesi ini ialah Amanah Nurish, Ph.D., dari SKSG UI. (OSY)

Loading...