oleh

Auto2000 Balikpapan Raih Penghargaan Best Innovation

SUARAMERDEKA.ID – Auto2000 Balikpapan memperoleh penghargaan Best Innovation pada gelaran National Kaizen & Innovation Marathon 2019 dari PT Toyota-Astra Motor. Penghargaan ini diberikan dengan mengalahkan 13 nominasi dari dealer resmi Toyota lainnya di seluruh Indonesia.

Pengembangan berkelanjutan, atau kaizen dalam bahasa Jepang, merupakan kunci keberhasilan Auto2000 sehingga dapat bertahan dalam memberikan layanan terbaik pada pemilik mobil Toyota. Sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia, Auto2000 terus melahirkan beragam inovasi layanan yang memberikan kemudahan dan kenyamanan demi menjaga kepuasan pelanggan.

“Di era yang bergerak dengan cepat dan dinamis ini, Auto2000 ingin selalu menyajikan layanan prima, baik pada konsumen pribadi maupun fleet, baik untuk urusan sales dan aftersales, agar dapat memberikan kepuasan pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pengembangan inovasi layanan kepada konsumen dengan mempertimbangkan tuntutan spesifik di masing-masing cabang,” kata Operation Manager Auto2000 Wilayah Kalimantan & Bali Royen Bonggal, Selasa (10/12/2019).

Menurutnya, penghargaan diberikan karena kolaborasi yang dilakukan oleh 3 cabang Auto2000 yang berada di area Balikpapan. Di kawasan yang berada di provinsi Kalimantan Timur ini, banyak sekali konsumen dari perusahaan besar (fleet) karena luasnya usaha perkebunan dan pertambangan. Konsumen fleet butuh layanan berbeda dari pelanggan biasa karena tingkat mobilitas yang tinggi dengan jumlah armada yang bergerak sangat besar. Setiap waktu yang terbuang percuma akan mengakibatkan kerugian yang cukup besar lantaran menurunnya produktivitas.

Baca Juga :  Tabur 31 1 Berhasil Tangkap Buronan Ke-9 di Tahun 2019
Oleh sebab itu, dibutuhkan sistem yang mumpuni sehingga dapat memberikan layanan prima pada pelanggan perusahaan. Auto2000 Balikpapan menyajikan buah dari filosofi continuous improvement pada customer fleet dengan memberikan dukungan dari sisi aftersales. Dukungan ini diberikan dengan sistem servis dan perbaikan mobil berbasis teknologi informasi. Pelanggan perusahaan memperoleh kemudahan dan kenyamanan layanan perawatan kendaraan operasional.

Pelanggan dapat mengatur waktu servis sesuai kebutuhan, namun tidak sampai mengganggu jadwal servis berkala yang dapat menurunkan performa mobil. Termasuk kemudahan dari adanya layanan perbaikan bodi dan cat dilakukan langsung di area perusahaan. Rata-rata, lokasi customer fleet terbilang jauh dari bengkel resmi Auto2000 dengan medan jalan yang tidak ringan.

Baca Juga :  Ibu Kota Baru di Tanah Prabowo, Sebuah Opini Dimas Huda

Inovasi layanan yang dikembangkan oleh 3 cabang Auto2000 di kota Balikpapan tersebut terbukti efektif mengurangi waktu tunggu. Hal ini membantu pelanggan tetap dapat menggunakan waktunya yang berharga secara produktif. Fasilitas BP Auto2000 Balikpapan juga memiliki inovasi teknik Ovenless untuk perbaikan kendaraan. Ovenless melakukan perbaikan bodi mobil dengan bahan cat paling mutakhir tanpa proses oven sehingga proses kerja bisa lebih cepat selesai.

Semangat kaizen memang telah mendarah daging di dalam team Auto2000 Balikpapan. Sebelumnya, mereka telah mendapatkan beragam penghargaan seperti juara 1 Regional Kaizen Innovation Marathon “Best Kaizen” 2016, Juara 1 Regional Kaizen Innovation Marathon (NKIM) “Best Kaizen” 2017, dan Juara Umum Innovasi2000. serta NKIM Best Innovation 2018.

“Perjuangan ini berbuah manis dengan diberikannya penghargaan kepada cabang Auto2000 di kota Balikpapan dalam upaya memenuhi kebutuhan pelanggan perusahaan. Ini sejalan dengan konsep layanan kami yakni ‘Auto2000 Lebih’ dengan tagline ‘Urusan Toyota Lebih Mudah’,” jelas Royen Bonggal. (OSY)

Loading...

Baca Juga