oleh

Evakuasi WNI, Pimpinan DPR: Karantina 14 Hari Itu Standar WHO

SUARAMERDEKA.ID – Waki Ketua DPR Azis Syamsuddin mengapresiasi kinerja pemerintah melakukan evakuasi WNI secepatnya dari Wuhan, China. Ia juga meminta keluarga yang belum bisa bertemu dengan WNI tersebut untuk bersabar, karena salah satu standar keselamatan pada permasalahan Virus Corona yang ditetapkan WHO adalah karantina.

Pemerintah mengevakuasi 238 WNI yang berada di Wuhan, China, Sabtu (1/2/2020) dengan mengunakan pesawat carter Batik Air. Ke-238 WNI tersebut berhasil di evakuasi dan mendarat di Bandara Internasional Batam, Minggu (2/2/2020) pagi hari. Setelah tiba di Bandara Batam WNI tersebut dipindahkan ke pesawat TNII selanjutnya diterbangkan ke Natuna untuk dikarantina selama 14 hari.

Langkah cepat pemerintah ini mendapat apresiasi dari Waki Ketua DPR Azis Syamsuddin. Ia bersyukur karena proses evakuasi WNI tersebut berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti. Politisi Golkar ini mengaku bisa memahami jika masih ada WNI yang masih berkeras untuk tetap berada di Wuhan.

“Tentunya langkah yang dilakukan pemerintah patut diapresiasi, karena WNI berhasil dengan selamat tanpa hambatan. Kalapun mereka yang tidak pulang dikarenakan permintaan dari mereka yang menolak pulang,” kata Azis kepada wartawan, Senin (3/2/2020).

Baca Juga :  Informasi Titik Penyekatan Jalan Tol Dalam Mendukung PPKM Darurat

Berdasarkan informasi yang ia terima, ke-238 WNI tersebut sudah dinyatakan pemerintah China sehat. Uji pemeriksaan yang dilakukan oleh pemerintah China tersebut dilakukan secara bertahap.

”238 berhasil melalui uji pemeriksaan yang dilakukan oleh pemerintah China yang dinyatakan sehat. Dan Pemeriksaan itu sendiri dilakukan secara bertahap,” imbuh Azis Syamsuddin.

Kepada sanak keluarga WNI tersebut, ia berharap agar mereka dapat bersabar untuk mengikuti prosedur pemerintah. Azis Syamsuddin menegaskan, langkah karantina selama 14 hari di Natuna adalah standar yang sudah ditetapkan oleh WHO (World Health Organization). Pemerintah Indonesia harus mematuhi standar keselamatan dari organisasi kesehatan dunia PBB tersebut.

“Saya rasa apa yang dilakukan pemerintah karena sesuai dengan prosedur. Sehingga kedepan tidak lagi terjadi hal-hal yang diiinginkan. Semua WNI yang dijemput dalam evakuasi kemanusiaan ini dipastikan semuanya dinyatakan sehat melalui prosedur kesehatan. Sesuai standar WHO,” tutupnya. (OSY)

Baca Juga :  Jangan Ada Kematian Massal. Opini Tony Rosyid
Loading...