oleh

Polda NTB Terima Penghargaan Hasan Wirajuda Award Perlindungan TKI

SUARAMERDEKA – Bertempat di kantor Kemenlu RI, Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Achmat Juri bersama 18 Lembaga dan Tokoh Dalam dan Luar Negeri menerima Hasan Wirajuda Award Protection For Indonesian Citizens Overseas. Dalam rangka memberikan perlindungan kepada WNI, para TKI dan TKW di Luar Negeri, Jum’at (7/12/2018).

Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Achmat Juri, SH, M.Hum mengucapkan syukur terima bahwasannya, Polda NTB mewakili jajaran Polda yang lain mendapatkan Penghargaan tersebut yang pertama kali.

Meskipun dirinya baru menjabat sebagai Kapolda, tapi dedikasi dan kepercayaan yang diberikan Bapak Kapolri akan di emban dengan sebaik-baiknya. Untuk melayani masyarakat serta memberikan kepercayaan dalam menjalankan tugas.

“Ini Merupakan Satuan Kerja dan Satuan Kewilayahan Polri yang pertama kali menerima penghargaan jenis perlindungan WNI di Luar Negeri,” ujar Kapolda kepada wartawan melalui pesan WA, Jum’at (7/12/2018).

Baca Juga :  Presiden Jokowi Apresiasi TPA Banjarbakula

Hasan Wirajuda Perlindungan Award (HWPA) bertujuan untuk memberikan motivasi dan penghargaan kepada para pegiat perlindungan dan pemangku kepentingan terkait atas peranan, pengabdian serta kerja keras yang telah dilakukan dalam memberikan perlindungan kepada WNI.

Pemberian penghargaan HWPA pada tahun ini diselenggarakan dengan proses penominasian yang telah berlangsung mulai Agustus hingga September 2018.

Sementara itu proses penjurian berlangsung mulai Oktober hingga November 2018.

Dewan Juri HWPA 2018 diketuai Prof. Hikmahanto Juwana & terdiri dari Pakar, Pemerhati, Praktisi Perlindungan WNI dari berbagai latar belakang yang relevan dengan isu perlindungan WNI.

Kesembilan belas orang itu menerima Penghargaan Hasan Wirajuda Perlindungan WNI (HWPA) 2018 untuk tujuh kategori. Yaitu Pemerintah Daerah, Masyarakat Madani Indonesia, Jurnalis dan Media, Kepala Perwakilan RI. Staf Perwakilan RI, Mitra Kerja Kementerian Luar Negeri, Mitra Kerja Perwakilan RI.

Para penerima penghargaan tersebut memiliki keterlibatan langsung dalam berbagai macam isu perlindungan WNI di luar negeri seperti perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia.

Baca Juga :  Bakornas LEMI PB HMI Gelar Roadshow di Kota Mataram

Serta berperan aktif dalam memberikan layanan, bantuan dan mendorong kesadaran publik. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya permasalahan WNI saat berada di luar negeri.

Perlindungan WNI merupakan salah satu prioritas kebijakan luar negeri pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Sebagaimana tertuang dalam butir pertama agenda Nawa Cita.

Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian Luar Negeri menjadikan perlindungan WNI sebagai salah satu dari empat prioritas politik luar negeri Indonesia.

Berbagai ucapan selamat dan sukses buat Bapak Kapolda dari berbagai elemen.

“Selamat atas kesuksesan kerja Bapak Irjen Achmad Juri dalam mengemban tugas Negara dan Semoga selalu diberikan kesehatan terus. Supaya tetap bisa mengemban tugas dan melayani masyarakat dengan lebih baik lagi,” ucap sumber. (NVD/DDR)

Loading...