oleh

Youtube Hapus Video Napi Pesta Narkoba Diduga Atas Permintaan Lapas Cipinang

SUARAMERDEKA – Rekaman Video “Diduga Napi Lagi Pesta Narkoba di Dalam Lapas“, Rabu (27/2/2019) secara resmi ditutup oleh Youtube. Video yang diunggah oleh Pilar Media Grup (PMG) ini menjadi viral di media massa karena berisi tentang dugaan rekaman tersembunyi sejumlah narapidana di Lapas Klas 1 Cipinang sedang pesta narkoba.

Kabar ini didapat dari IT (PMG) Hasan Basri, Jumat malam (1/3/2019) di Jatinegara Jakarta Timur. Ia menuturkan, berdasarkan diskusinya dengan pimpinan, pihak PMG akan segera menindaklanjuti hal ini.

“Iya benar. Youtube menutup video PMG yang berjudul “Diduga Video Napi Lagi Pesta Narkoba di Dalam Lapas” tersebut. Alasannya ada karena ada laporan dari pihak ketiga tentang pelanggaran hak cipta,” kata Basri.

Baca Juga :  Megaproyek PLTU Tanjung Karang Belum Bayar Ganti Rugi Lahan Rakyat

Lanjut Basri, berdasarkan keterangan yang tertulis pada email yang dikirim oleh Youtube, penghapusan video tersebut akibat pelanggaran hak cipta. Permintaan penghapusan ini menurut yang tertulis, diajukan oleh Lembaga Permasyarakatan Klas 1 Cipinang.

“Penghapusan itu sebenarnya bukan karena PMG melanggar aturan Youtube. Ada pihak ketiga yang yang melaporkan. Pihak ketiga tersebut adalah Lembaga Permasyarakatan Klas 1 Cipinang,” tutur Basri.

Akibat laporan ini, pihak PMG mendapatkan teguran keras karena hak cipta. Jika mendapatkan beberapa teguran lagi, maka akun PMG akan ditutup.

“Tapi disitu juga dijelaskan, jika PMG tidak merasa melanggar, maka ada mekanismenya untuk komplain. Kami juga bisa menghubungi pihak ketiga yang meminta penghapusan tersebut untuk mencabut permintaan penghapusan,” kata Basri.

Baca Juga :  Memahami Visi Indonesia, Presiden Ir. H. Joko Widodo 2019-2024 (Bagian 7). El Nino, La Nina dan Cincin Api

Seperti yang diketahui, pada tanggal 27 Februari 2019, PMG mengupload rekaman video dugaan ada pesta narkoba di lapas. Dari berbagai pemberitaan di media, diduga rekaman tersebut dilakukan di Lapas Klas 1 Cipinang. (OSY)

Loading...

Baca Juga