oleh

Petani Jagung di Muna Terancam Sejahtera

SUARAMERDEKA.ID – Beroperasinya tol Laut di Kabupaten Muna, dengan jadwal dua kali sebulan, membuat petani jagung se.tempat terancam sejahtera.

Penyataan ini dilontarkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Muna provinsi Sulawesi Tenggara La Ode Anwar Agigi yang ditemui suaramerdeka.id sesaat sebelum bertolak ke Kendari menggunakan Kapal Malam, Selasa (7/5/2019), memprediksikan kehidupan ekonomi para petani Jagung di Muna kedepan semakin meningkat.

“Syukur Alhamdulillah, jagung Muna telah mendapatkan pasaran. Dan Alhamdulillah, melaui upaya yang ditempuh oleh Dinas pertanian Muma, telah dua kali melakukan pengiriman jagung ke luar Sultra melalui tol laut. Dengan sekali pengriman sebesar 120 ton,” ungkapnya.

Lanjut La Ode Anwar Agigi, Dinas Pertanian Kabupaten Muna juga telah kerjasama dengan dua perusahaan. Yaitu PT. Tiara Mangkasti Nusanta, group Makassar dan PT. Segar Argo Nusantara Gresik. Kedua perusahaan ini telah terjalin kontrak suplei sebesar 5000 ton pertahun.Jika menghitung jumlah panen aekarang ini, dengan dengam lahan seluas 2465 Ha, setiap tahunnya bisa menghasilkan 10.000 Ton lebih. ” papar mantan PLT kadis PU ini.

Baca Juga :  Stok Darah RSUD Raha Habis, Keluarga Pasien Justru Datangi Polres Muna

Mantan PLT kadis PU ini menambahkan, bahwa faktor inilah yang membuat petani jagung akan terancam sejahtera.

“Saya percaya para petani jagung ini terancam sejahtera. Saya besok akan bertolak ke Makassar bersama Kadis Pertanian Provinsi dan Tim dari Bank BPD. Untuk melakukan kunjungan dan pemantauan ke Gudang dan Pabrik yang ada di Kima Kawasan Industri Makassar. Dari hasil itu, Bank BPD akan mengucurkan pinjaman lunak bagi petani jagung sebesar 1 miliar,” tambahnya.

Oleh sebab itu, Anwar Agigi meminta kepada petani di Muna untuk menanam jagung. Karena jagung juga merupakan kebutuhan pokok Masyarakat Muna. Kedepan, berbisnis Jagung akan mengubah taraf hidup para petani Jagung. Anwar pun tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada Menteri pertanian dan Presiden Joko Wododo, atas programnya, Kini membuat petani jagung di Muna sudah dapat bernafas lega. (MAC)

Loading...

Baca Juga