oleh

Rusli Baco Dg Palabbi Resmi Menjadi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah

SUARAMERDEKA.ID – Presiden Joko Widodo melantik Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sisa masa jabatan tahun 2016-2021 Rusli Baco Dg. Palabbi. Pelantikan tersebut berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 66/P Tahun 2019 tanggal 23 Juli 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sisa Masa Jabatan Tahun 2016-2021.

Acara pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden oleh Presiden Joko Widodo kepada calon wakil gubernur terpilih di Istana Merdeka, Senin, (26/8/2019).

Prosesi kirab kemudian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Turut serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama calon wakil gubernur Sulawesi Tengah. Mereka berjalan kaki menuju Istana Negara untuk berlanjut pada upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan.

Baca Juga :  Kudeta Yusril, PBB Selamat? Sebuah Opini Tony Rosyid

“Demi Allah saya bersumpah. Akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” demikian Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Sebagaimana diketahui, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah sebelumnya, Sudarto, meninggal dunia pada bulan Oktober 2016, hanya beberapa bulan setelah beliau menjabat sebagai wakil gubernur. Jabatan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dibiarkan kosong sampai rapat paripurna DPRD Sulawesi Tengah pada tanggal 8 Juli 2019 yang menetapkan Rusli Baco Dg. Palabbi sebagai pengganti Sudarto. Kandidat lainnya adalah Andi Mansur Pasande dari PBB. PAN dan PBB merupakan partai pengusung pasangan Longki Djanggola dan Sudarto pada pilkada Sulawesi Tengah tahun 2015.

Baca Juga :  Agus Flores Menolak Dicalonkan Jadi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah

Sebelum menjadi Wakil Gubernur Sulteng, Rusli merupakan anggota DPRD Sulteng dua periode, 2009-2014 dan 2014-2019. Ia juga menjabat Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulteng. (RNS/OSY)

Loading...

Baca Juga