oleh

Bersama SOS Children’s Villages, PT. Permodalan Nasional Madani Tingkatkan Kualitas Belajar Anak-Anak

SUARAMERDEKA – PT. Permodalan Nasional Madani atau PNM merupakan perusahaan pembiayaan sebagai bagian dari Holding Ultra Mikro, yang mengemban amanah untuk memberdayakan Usaha Ultra Mikro, Mikro, Kecil dan Menengah bekerjasama dengan SOS Children’s Villages dalam penyusunan silabus atau pedoman pembelajaran dengan tema “Belajar Seasik Bermain” untuk fasilitas Ruang Pintar PNM. Melalui fasilitas Ruang Pintar ini, anak-anak memiliki akses lebih untuk pendidikan, dimulai dari akses buku bacaan, buku pelajaran hingga akses internet gratis dengan dibimbing oleh pendamping terlatih. Fasilitas Ruang Pintar sendiri boleh diakses oleh siapapun, dan hingga saat ini Ruang Pintar PNM sudah tersebar sebanyak 160 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Program “Belajar Seasik Bermain” merupakan bentuk Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PNM dalam mendukung pendidikan di Indonesia sesuai dengan target capaian pada Sustainable Development Goals nomor 4 yaitu Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua. Kerjasama yang dilakukan antara PNM dan SOS Children’s Villages yaitu dalam bentuk penyusunan silabus atau panduan yang digunakan untuk berlangsungnya kegiatan Ruang Pintar PNM di seluruh Indonesia. Program “Belajar Seasik Bermain” dilaksanakan secara gradual setiap bulan selama 1 tahun ke depan, dimana tim dari SOS Children’s Villages akan melakukan penyampaian materi dan pendampingan kepada tenaga pengajar Ruang Pintar melalui daring (online).

Program “Belajar Seasik Bermain” telah dilakukan kick off pada tanggal 10 Juli 2023 lalu melalui daring yang diikuti oleh seluruh tenaga pengajar Ruang Pintar dan Pendamping PNM Kantor Cabang dan diresmikan oleh Ibu Mira Damayanti Hardjono selaku Kepala Divisi Manajemen dan TJSL PT. Permodalan Nasional Madani. Selanjutnya, Ruang Pintar dengan pedoman “Belajar Seasik Bermain” juga telah sah diresmikan pada tanggal 18 Agustus 2023.

Menanggapi kerjasama ini, Ibu Mira Damayanti selaku Kepala Divisi Manajemen dan TJSL PT. Permodalan Nasional Madani juga menuturkan, “Konsep ruang pintar adalah tempat bagi anak untuk bermain dan belajar yang sifatnya informal. Hal yang diajarkan melalui program ruang pintar adalah hal yang menarik bagi anak-anak. Oleh karena itu PNM bekerja sama dengan SOS Children’s Villages dalam hal pembuatan modul bagi para pendamping atau pengajar ruang pintar supaya para pengajar lebih terarah proses pengajarannya. Modul pengajaran yang PNM dan SOS Children’s Villages rancang ini tidak berat dan tentunya membuat proses belajar anak menjadi lebih menyenangkan,” ucapnya.

Baca Juga :  Mencari Madrasah Yang Terbaik Bagi Generasi Quran, Opini M Azzam Al Fatih

SOS Children’s Villages sendiri merupakan lembaga non pemerintah yang berfokus untuk memberikan pengasuhan alternatif berbasis keluarga bagi anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua.  SOS Children’s Villages juga turut memberikan penguatan dan pendampingan bagi keluarga rentan. SOS Children’s Villages percaya bahwa setiap anak berhak atas lingkungan yang aman dan mendukung sebagai tempat mereka untuk dapat tumbuh, belajar, dan berkembang. Total terdapat 4.446 anak yang kehilangan pengasuhan orang tua dibesarkan dan anak dari keluarga rentan didampingi oleh SOS Children’s Villages di 11 kota di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Banda Aceh, Meulaboh, Medan, Bali, Flores dan Palu.

Bekerja sama dengan SOS Children’s Villages, Ruang Pintar PNM diharapkan dapat menjadi fasilitas belajar yang ramah anak. Melalui ketentuan safeguarding untuk anak oleh SOS Children’s Villages dan para pembina yang sudah terlatih dalam menghadapi setiap tumbuh kembang anak, silabus atau pedoman pembelajaran dengan tema “Belajar Seasik Bermain” diimplementasikan agar dapat menjadi acuan yang tepat bagi Ruang Pintar lainnya dan memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan yang ingin diraih yaitu pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia yang dikemas dalam metode yang asik dan menyenangkan.

Menanggapi kerjasama ini, Sumanda Tondang, selaku Director of Fund Development and Communication SOS Children’s Villages berkata “SOS Children’s Villages tentunya sangat bangga karena telah dipercaya oleh PT. Permodalan Nasional Madani dalam penyusunan silabus dengan tema “Belajar Seasik Bermain”. Mengetahui bahwa silabus ini akan digunakan di seluruh fasilitas Ruang Pintar di Indonesia juga merupakan suatu kehormatan bagi kami. Selama 51 tahun SOS Children’s Villages berdiri di Indonesia, fokus kami adalah anak-anak dan bagaimana kami bisa memenuhi hak-hak dasar anak yang telah atau beresiko kehilangan pengasuhan orang tua termasuk pendidikan. Semoga kerjasama SOS Children’s Villages dan PNM dapat menuai hasil yang baik dan saya juga berharap kedepannya pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak Indonesia dapat menjadi perhatian bagi banyak pihak. Karena melalui pendidikan, anak dapat mengubah takdir hidupnya dan meraih masa depan yang lebih baik.”

Baca Juga :  PD GPI Kota Ambon: Kader GPI Harus Jadi Konten Kreator Yang Kreatif

Selain bekerja sama dalam penyusunan silabus/pedoman “Belajar Seasik Bermain”, PT. Permodalan Nasional Madani juga memberikan fasilitas Ruang Pintar di SOS Children’s Village Jakarta yang terletak di Cibubur, Jakarta Timur. Fasilitas Ruang Pintar tersebut diberikan sebagai dukungan pendidikan bagi anak-anak yang berada di Village Jakarta. Ruang Pintar tersebut juga telah diresmikan pada tanggal 18 Agustus 2023 dan dihadiri langsung oleh Bapak Kiki Aulia Rachman selaku Kepala Bagian Unit TJSL PT. Permodalan Nasional Madani dan Bapak Rizal Tajudin selaku Manajer Bisnis UlaMM PT. Permodalan Nasional Madani Kantor Cabang Jakarta.

Sama seperti di lokasi – lokasi lainnya, Ruang Pintar di SOS Children’s Village Jakarta dilengkapi dengan fasilitas yang dapat menunjang pendidikan anak-anak serta menerapkan pendidikan dengan pembelajaran non formal sesuai dengan silabus “Belajar Seasik Bermain” yang telah dibuat untuk 1 tahun ke depan. Fasilitas Ruang Pintar di SOS Children’s Village Jakarta diharapkan dapat dipergunakan untuk menunjang kebutuhan minat dan bakat anak-anak yang tidak selalu mereka dapatkan di fasilitas pendidikan formal.

Kedepannya, SOS Children’s Villages Indonesia berharap untuk dapat terus aktif dalam pemenuhan hak-hak dasar bagi anak-anak yang telah maupun beresiko kehilangan pengasuhan orang tua. Tentunya dengan dukungan luar biasa dari para mitra perusahaan dan lembaga Sahabat SOS, SOS Children’s Villages Indonesia yakin dapat menjalankan visi dan misi serta program kerja yang di bangun demi masa depan anak-anak Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SOS Children’s Villages di Indonesia, silahkan mengunjungi https://www.sos.or.id/dukungan-anda. Saatnya kita bersatu #BersamaUntukAnak demi mewujudkan masa depan cerah bagi anak-anak Indonesia. (ELC)

Loading...