oleh

Bupati Aceh Tengah Instruksikan Pembersihan Drainase dan Badan Jalan Soekarno-Hatta

SUARAMERDEKA.ID – Akibat curah hujan yang cukup tinggi beberapa pekan terakhir, mengakibatkan sejumlah ruas jalan diseputaran dan menuju Kota Takengon, tertutup tanah dan mengalami genangan air.

Seperti yang terlihat pada jalan lingkar (Outer Ring Road) menuju Kota Takengon atau tepatnya pada jalan Soekarno-Hatta, tampak mengalami penumpukan tanah dan material di sejumlah titik akibat penyumbatan drainase dan longsoran tebing.

Menyikapi hal itu, untuk memelihara badan jalan dari kerusakan yang lebih parah serta berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (07/09) melalui Dinas PUPR dan BPBD/Pemadam Kebakaran, dengan sigap melakukan pembersihan material lumpur dan pengerukan drainase agar gangguan transportasi tidak terus berlanjut bagi pengguna jalan.

Baca Juga :  SMP YPK Ditetapkan Sebagai Sekolah Model

Menurut Kabid Pemeliharaan Jalan Dinas PUPR Rusydan, tertutupnya badan jalan pada sejumlah titik tersebut diakibatkan oleh tertimbunnya drainase samping jalan, sehingga tanah yang terbawa air selain menutupi drainase juga ikut naik ke badan jalan.

“Hujan besar yang terjadi beberapa waktu yang lalu, menyebabkan luapan lumpur dan longsoran tanah menutupi drainase, sehingga air juga material menggenangi badan jalan, akibatnya badan jalan diselimuti lumpur tebal,” terang Syahdan disela-sela mengawasi pekerjaan pada ruas jalan tersebut.

Kabid yang akrab disapa Odan itu juga menyebutkan bahwa pemeriksaan dan pemeliharaan badan jalan yang terganggu akibat kerusakan permanen atau karena faktor alam, merupakan prioritas dan instruksi langsung dari Bupati untuk menjaga arus transportasi orang dan barang.

Baca Juga :  Perawat Kesehatan di Rutan Kuala Kapuas Menerima Pasien 24 Jam

Salah seorang warga sekitar Marwan, dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Shabela beserta jajarannya yang cepat merespon atas gangguan jalan dan langsung memberikan instruksi perbaikan.

“Terima kasih bapak Bupati atas perhatiannya yang telah merespon cepat perbaikan gangguan kondisi jalan ini.” Ungkap warga Kampung Mongal itu. (WIN)

Loading...

Baca Juga