oleh

Bupati Banyuwangi Serahkan Tali Asih Kepada Puluhan Veteran Usai Upacara Kemerdekaan

SUARAMERDEKA.ID – Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyerahkan tali asih untuk puluhan veteran, pejuang, dan istri pejuang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Banyuwangi.

Pemkab Banyuwangi menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke 76 tahun Republik Indonesia di halaman Kantor Pemkab Banyuwangi. Upacara tersebut dilaksanakan secara sederhana dan khidmat dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Upacara dihadiri langsung oleh jajaran forum pimpinan daerah, serta sejumlah perwakilan dari TNI/Polri, dan ASN. OPD lainnya mengikuti secara virtual dari kantor masing-masing.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Adapun petugas pengibar bendera, antara lain: I Gusti Ayu Aiswara (pembawa baki), Sita Nur Aini (pemberi aba-aba), M. Rega Dzikrillah (pengerek bendera), Bima Cahya Dinanta (pembentang bendera, serta Alrino Anggoro Wibowo (penerima bendera).

Baca Juga :  Rakyat Indonesia Segera Dapatkan Tempat Untuk Perwakilan Tetap di PBB

Usai upacara, Ipuk langsung menyerahkan tali asih kepada kepada 17 orang veteran, pejuang, dan istri pejuang anggota LVRI Banyuwangi. Masing-masing mendapatkan Rp.600 ribu dari dana hibah APBD 2021.

“Tali asih ini sebagai tanda cinta dan terima kasih Pemkab Banyuwangi kepada para veteran, pejuang, maupun istri pejuang yang berjasa besar merebut kemerdekaan RI. Bapak menjadi tauladan bagi kami semua bagaimana harus menjaga negeri ini,” kata Ipuk.

“Mungkin nilainya tidak seberapa. Namun kami berharap, tali asih ini bisa menjadi penyambung silaturahmi kita semua dengan para pejuang kemerdekaan dan keluarganya. Pengorbanan beliau patut kita apresiasi,” imbuh Ipuk.

Ketua LVRI Banyuwangi, Kusnari, mengaku terharu mendapat perhatian dari Pemkab Banyuwangi.

Baca Juga :  Ratusan Mahasiswa Unpad Siap Penuhi DPR/MPR Aksi Nasional 24/9

“Terima kasih Pemkab sudah memberikan perhatian besar kepada kami. Semoga di HUT RI ke -76 ini Banyuwangi semakin maju dan sejahtera,” kata Kusnari yang merupakan salah satu pejuang kemerdekaan yang pernah bertugas di Papua melawan penjajahan Portugis.

Rasa haru dan bahagia juga dirasakan Joni Sampones, pejuang kemerdekaan Papua. “Kami tulus berjuang untuk Indonesia. Perhatian dari pemkab ini membuat kami bangga dan terharu. Terima kasih,” ucapnya.

Kusnari dan Joni pun mengaku, hingga detik ini semangat perjuangan mereka tidak pernah luntur. Mereka menyatakan siap mendukung dan mensukseskan berbagai program Pemkab Banyuwangi. “Inilah bentuk perjuangan kami di masa kemerdekaan,” pungkas Kusnari. (BUT).

Loading...

Baca Juga