oleh

Dihadapan Bupati Cianjur dan Malang. Bupati Ipuk: Kita Kolaborasi dan Saling Curi Ilmu

SUARAMERDEKA.ID – Kabupaten Banyuwangi mendapat dua kunjungan kepala daerah. Diantaranya Bupati Cianjur Herman Suherman dan Bupati Malang M. Sanusi, datang ke Banyuwangi untuk saling berkolaborasi dalam pengembangan daerah.

Dua kepala daerah tersebut disambut hangat oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Kamis (11/11/2021).

“Terima kasih Bupati Cianjur dan Bupati Malang. Sekarang ini memang eranya kolaborasi. Daerah tidak boleh sok tahu sendiri. Harus juga saling belajar ke daerah lain. Apa yang baik dari Banyuwangi, silakan diambil. Demikian pula sebaliknya, Banyuwangi akan mengambil apa-apa yang baik di Cianjur dan Malang,” kata Ipuk dihadapan dua Bupati dan jajaran OPD nya.

Menurut Ipuk, kunjungan ini merupakan pertemuan yang penting bagi semua pihak. Karena, masing-masing bisa “mencuri ilmu” dari kelebihan yang dimiliki daerah lainnya.

“Ini akan menginspirasi kita semua, kita bisa saling tukar ide. Apa kelebihan Banyuwangi, bisa ditiru yang lain. Banyuwangi juga sama, kelebihan Malang dan Cianjur akan kita adaptasi untuk membangun Banyuwangi,” kata Ipuk.

Baca Juga :  Bawaslu DKI Jakarta Ungkap UU Pemilu Ada Celah Untuk Pelanggar

Bupati Cianjur, Herman Suherman menjelaskan bahwa dirinya tertarik ke Banyuwangi untuk belajar berbagai inovasi yang telah ditelurkan Banyuwangi, terutama masalah pelayanan publik.

“Kemajuan di berbagai bidang yang diraih Banyuwangi membuat kami tertarik untuk belajar ke Banyuwangi. Tak tanggung-tanggung, kami bawa 54 orang jajaran OPD kami agar bisa saling tukar ilmu,” jelas Herman.

Secara khusus, Herman mengaku tertarik dengan cara Banyuwangi menjadikan keterbatasan yang dimilikinya justru menjadi triger untuk menghasilkan inovasi. “Kami telah banyak membaca tentang inovasi Banyuwangi di tengah keterbatasannya. Saya mengajak banyak OPD agar mereka bisa menyerap spirit Banyuwangi, agar mereka mendapatkan pemahaman dan memiliki gelombang yang sama,” kata Herman.

Baca Juga :  Kapolda Sulsel dan Jajaran Ikuti Launching Layanan Polri 110 Kepada Masyarakat

Sementara, Bupati Malang M. Sanusi hadir ke Banyuwangi bersama Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi. Dalam kesempatan itu, Wabup Didik mengaku terkesan dengan apa-apa yang sudah dilakukan oleh Banyuwangi, termasuk manajemen birokrasi dalam melaksanakan pembangunan.

“Yang mengesankan bagi kami adalah bagaimana OPD di Banyuwangi bisa saling bergandengan tangan, saling sinergis dan mendukung mewujudkan apa yang menjadi prioritas pembangunan di daerahnya. Misalnya, dulu bagaimana OPD bisa menjadi “Dinas Pariwisata”, semua berpromosi tentang Banywuangi. Dan saat ini semua dinas di Banyuwangi bersama-sama fokus melakukan pemulihan ekonomi. Pola manajemen semacam ini patut kita tiru,” ujar Gatot.

Diungkapkan Gatot, pihaknya tengah menggarap sektor pariwisata, termasuk juga pembenahan akses dan infrastruktur.

“Masalah pariwisata kami juga terus saling belajar termasuk ke Banyuwangi,” ujarnya.(BUT).

Loading...

Baca Juga