oleh

Ikuti Tes Lanjutan 55 Balon KaDes di BKPP Banyuwangi

SUARAMERDEKA.ID – Sejumlah 55 Balon KaDes (Bakal Calon Kepala Desa ) di Kabupaten Banyuwangi mengikuti tes lanjutan bagi desa-desa yang Balon KaDesnya lebih dari 5 (Lima) orang.

Tehnis mekanisme pelaksanaan tes lanjutan tersebut dilaksanakan di kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Banyuwangi pada Senin 2 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Banyuwangi, Ahmad Faishol, tes lanjutan yang dilakukan untuk melengkapi perangkingan yang akan digabung dengan nilai skoring 3 (Tiga) indikator yang sudah dilakukan di masing-masing desa sebelumnya.

“Sebenarnya yang terdaftar sebagai Balon Kades tercatat 56 orang, namun satu calon meninggal dunia sebelum pelaksanaan sehingga tes lanjutan diikuti oleh 55 peserta dari 8 desa.” terang Faisol.

Baca Juga :  Perpres Miras Dicabut, Kenapa DPRD DKI Ngotot Pertahankan Saham Miras?

Lanjut Faishol penetapan Balon KaDes yang lolos ke calon Kepala Desa (Cakades) akan dilaksanakan serentak bersama desa-desa di masing-masing desa pada 4 Oktober 2023. Sehingga hasil tes lanjutan yang digelar dengan diketahui Badan Permusyawaratan Desa (BPD) akan diserahkan kepada panitia pilkades.

”Penetapan Cakades akan dilakukan dimasing-masing desa, karena hal tersebut menjadi kewenangan dari panitia Pilkades yang akan menggelar rapat pleno di semua desa untuk skoring ulang gabungan nilai tes lanjutan dan skoring di masing-masing desa untuk perangkingan.” terang Faishol lagi.

Setelah pleno panitia Pilkades akan menetapkan sebagai cakades yang berhak mengikuti tahapan untuk dipilih pada Pilkades serentak di wilayah Banyuwangi yang akan digelar pada 25 Oktober 2023 mendatang.

Baca Juga :  Pengabaian Keselamatan Jiwa Rakyat Dalam Pilkada 2020

Faishol menambahkan pihaknya berharap masyarakat menyadari, semua merupakan proses seleksi dan demokrasi dengan tetap menjaga keamanan dan kondusifitas di lapangan.

“Karena semua tahapan merupakan media yang harus dilaksanakan dalam iklim demokrasi dengan harapan nanti akan terpilih figur kepala desa yang benar-benar memiliki kapasitas, kapabilitas dan kredibilitas dalam memimpin dan membangun desa yang maju dan sejahtera.” tambah Faishol.

Berdasarkan pantauan di lokasi tes lanjutan, setelah pelaksanaan tes sebagian Camat, Kapolsek, Danramil, Panitia Pilkades dan BPD serta para Balon KaDes yang melihat nilai hasil tes lanjutan yang ada di TV monitor yang disiapkan oleh panitia pelaksana.(BUT).

Loading...