oleh

Kakeru Omae, Tercepat di Stage Tiga Balap Sepeda ITDBI 2019

SUARAMERDEKA.ID – Pebalap Asian Racing Team, Kakeru Omae berhasil meraih juara pertama stage tiga (International Tour de Banyuwangi Ijen) ITDBI 2019. Rider asal Jepang ini berhasil mencatatkan waktu 2 jam 36 menit 53 detik setelah melintasi sirkuit jalanan kota Banyuwangi sebanyak 12 kali putaran.

Stage tiga untuk posisi ke dua ditempati Blake Quick dari St George Cintinental Cycling Team. Tempat ketiga diduduki Mohammad Ganjkhanlou dari Foolad Mobarakeh Sepahan.

“Saya sangat senang. Karena ini adalah gelar juara pertama dalam karier profesional saya,” ujar Kakeru usai balapan.

Kakeru sebenarnya bukan pembalap unggulan. Selain statusnya sebagai anak baru di Aisan, ia juga kali pertama ikut ITDBI. Selain itu, ia lebih banyak berada di rombongan besar sepanjang stage ketiga.

Kakeru Omae, Tercepat di Stage Tiga Balap Sepeda ITDBI 2019

Rider 22 tahun itu baru melancarkan aksinya pada 200 meter menjelang finis. Bersama puluhan pembalap lainnya, ia beradu sprint menuju garis akhir.

Pembalap senior Aisan, Damien Monier lah yang membuka ruang bagi Kakeru untuk melaju terdepan.

“Sebenarnya Jason Christie yang seharusnya melarikan diri dari rombongan. Akan tetapi, dia gagal escape dari peleton. Oleh sebab itu, saya berterima kasih kepada rekan-rekan setim atas dukungannya kepada saya,” tambah Kakeru.

Kakeru Omae tercatat sebagai mahasiswa fakultas kedokteran di Keio University, Jepang. Dia sengaja mengambil cuti belajar selama satu tahun untuk mengikuti berbagai kompetisi balap sepeda.

“Harapannya agar saya bisa merasakan apa yang dialami para pebalap. Saya juga ingin merasakan aura persaingan dalam perlombaan. Ini akan memperkaya wawasan saya karena saya tertarik menjadi dokter olahraga,” ujar Kakeru.

Hasil stage ketiga tidak mengubah susunan pembalap di general classification. Jesse Ewart (Team Sapura Cycling) masih mempertahankan yellow jersey.

“Saya senang dengan hasil hari ini. Saya akan berusaha pertahankan untuk pertandingan besok (stage terakhir-red),” kata Jesse.

Green Jersey masih dipertahankan Batmunkh, Maral-Erdene. Sementara Selamat Juangga (KFC Cycling Team) masih berhak mengenakan red white jersey. (BUT)

Loading...

Baca Juga