oleh

Kemenhub Segera Bangun Sky Bridge Stasiun Ketapang dan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

SUARAMERDEKA.ID – Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun sky bridge yang akan menghubungkan Stasiun Kereta Api Ketapang dengan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Ditargetkan Agustus 2024, jembatan layang (skybridge) ini mulai dikerjakan.

Lokasi Stasiun Ketapang dan Pelabuhan Ketapang berdekatan sekitar 200 meter. Keduanya dipisahkan oleh jalan raya Banyuwangi-Situbondo yang cukup ramai. Selama ini penumpang kereta api yang akan menuju ke pelabuhan dan sebaliknya berjalan kaki.

“Dengan adanya sky bridge nantinya akses penumpang menuju dua pusat transportasi tersebut akan lebih mudah dan aman. Selain mempermudah akses bagi penumpang, keberadaan skybridge ini nantinya akan menjadi ikon baru bagi wisata Kota Banyuwangi.” kata Bupati Ipuk, Jumat (2/2/2024).

Ipuk mengatakan pihaknya telah bertemu tim dari Kemenhub untuk membahas rencana pembangunan sky bridge tersebut, di Lounge Pemkab Banyuwangi, pada Kamis (1/2/2023).

Hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris Direktorat Jendral (Sesditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Amirullah, dan Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Jawa Timur Mangasi Sinaga, beserta jajaran dari Kemenhub.

Baca Juga :  Team Kesehatan Mandiri Dr Anna Siap Rawat Jamaah 212 Yang Sakit

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Ipuk mengaku sangat berterima kasih atas dukungan pusat pada pengembangan Banyuwangi. Menurut Ipuk, ini akan mempermudah konektivitas para pengguna moda kereta dan kapal.

“Selain mempermudah untuk pindah moda, skybridge ini bisa akan menjadi ikon baru di Banyuwangi. Apalagi, Pelabuhan Ketapang menjadi jalur utama Jawa menuju Bali. Kami berharap bangunannya bisa menjadi ikon yang menarik.” kata Ipuk.

Ipuk berharap agar desain arsitektur sky bridge mengadopsi kearifan dan budaya sebagai identitas Banyuwangi. “Produk properti dengan arsitektur yang mengadopsi kearifan lokal bisa menjadi landmark atau ikon baru pariwisata. Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat melalui Kemenhub yang akan membangun skybridge.” tambah Ipuk.

Sementara Sesditjen Kemenhub Amirullah mengatakan Banyuwangi merupakan daerah yang sangat strategis karena merupakan pintu keluar masuk Pulau Jawa di wilayah timur. Daerah ini juga dinilai memiliki pariwisata yang maju.

Baca Juga :  Kader HMI Jakarta Minta Presiden Ganti Zainudin Amali Sebagai Menpora

“Melihat potensi ini Kemenhub ingin memaksimalkan moda transportasi yang ada di Banyuwangi. Kebetulan di Banyuwangi moda transportasinya lengkap darat, laut dan udara. Kali ini kami mengintegrasikan moda darat dan lautnya dengan membangun sky bridge antara Stasiun Ketapang – Pelabuhan Ketapang.” terang Amirullah.

Amirullah melanjutkan, untuk panjang lintasan sky bridge yang akan dibangun, saat ini masih dalam pembicaraan lebih lanjut dengan Pemkab Banyuwangi karena ada sejumlah opsi jalur yang akan digunakan. Namun untuk pembangunan infrastruktur, targetnya akan dimulai pada tahun ini tepatnya bulan Agustus jika semua persiapan telah rampung.

“Untuk anggaran sudah kami alokasikan, tinggal DED (detail engineering design) masih direview lagi oleh tim Pemkab Banyuwangi, karena akan disesuaikan dengan kearifan lokal. Rencananya skybridge ini juga akan dilengkapi fasilitas untuk UMKM Banyuwangi sesuai dengan semangat Banyuwangi yang ingin memajukan UMKM lokal.” pungkas Amirullah. (BUT).

Loading...