oleh

Menteri Sosial Siapkan MoU Penguatan Kelembagaan Komnas Perlindungan Anak

SUARAMERDEKA.ID – Dewan Komisioner Komnas Perlindungan Anak bertemu dengan Menteri Sosial Yuliari Batubara di kantor Kementerian Sosial di kawasan Salemba Jakarta Pusat. Kedatangan institusi independen pembelaan anak ini untuk menguatkan kerjasama strategis dalam memberikan layanan sosial.

Rombongan ini dipimpin Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak. Ia didampingi Roestin Illyas selaku Dewan Pengawas, Dhanang Sasongko selaku Sekretaris Jenderal, Dr. Imaculata Umiyati, SPd MPsi/Komisioner Pemantauan dan Sosialisasi Hak Anak, Lia Latifah, SPd Komisioner Penguatan Sumberdaya, serta Pravistania Putri Staff Sekretariat.

Dalam ksempatan itu, Menteri Sosial didampingi Dirjen Rrehabilitasi Sosial, Direktur Sosial Anak, Staff Khusus Mensos Sony Manalu dan staff Resos. Yuliari Batubara menyambut baik ajakan kerjasama Komnas Perlindungan Anak untuk membangun gerakan perlindungan anak yang lebih terukur, berbasis masyarakat, masif, dan berkesinambungan melibatkan Potensi Lembaga Perlindungan Anak (LPA) di daerah.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Sosial meminta Dirjen Rehabilitasi Sosial utuk segera menyiapkan Nota Kesepemahaman (MoU) antara Konmas Perlindungan Anak dan Kemensos RI. MoU ini mewujudkan penguatan kelembagaan perlindungan anak berbasis masyarakat di Indonesia. Selain itu, untuk merespon berbagai masalah-masalah anak di Indonesia.

Isi kesepemahaman itu disepakati akan mengatur kerjasama Penguatan Kelembagaan (capacity building) untuk 189 LPA. Perwwakilan diberbagai daerah ini yang telah terverifikasi keberadaannya di sebagai lembaga mitra Kemensos.

Dalam MoU tersebut juga akan diatur mengenai mekanis dan teknis berbagai pelatihan. Seperti relawan perlindungan, rehabilitasi dan pemulihan anak sebagai korban, pelatihan penanganan kedarutan. Dan pelatihan bagi tenaga pendamping anak disabilitas akut di berbagai daerah.

“Pakailah Kemensos senyaman-nyamannya. Sebagai rumah bagi Komnas Perlindungan Anak dalam memberikan respon terhadap berbagai permasalahan sosial anak di Indonesia. Demi kepentingan terbaik anak. Saya siap membantu”, tegas Menteri Sosial. (OSY)

Loading...

Baca Juga