oleh

Lagi, Selasa Kliwon Demo Tolak Tambang Tumpang Pitu

SUARAMERDEKA.ID – Aksi puluhan massa menamakan Selasa Kliwon kembali demo tolak tambang yang dilakukan warga seputar lokasi tambang gunung Tumpang Pitu. Mereka menyampaikan aspirasi lewat orasinya di depan Kantor Pemkab Banyuwangi provinsi Jawa Timur, Selasa (9/7/2019), dengan pengaman dari Polres Banyuwangi.

Aksi demo ini dilakukan setiap bulan sekali, tepatnya hari Selasa Kliwon. Ini adalah aksi tolak tambang di gunung Tumpang Pitu kelima yang dilakukan oleh warga. Mereka berjanji aksi tetap berjalan terus tiada henti hingga ada tanggapan dari pemerintah.

“Aksi ini aksi kali ke lima Selasa Kliwon untuk menyampaikan aspirasi lewat orasi di depan Kantor Pemkab,” kata salah satu peserta aksi demo, Nurul Aini.

Aini, Lagi, Selasa Kliwon Demo Tolak Tambang Tumpang Pitu

Lanjut Aini,  aksi demo ini sempat vacum menjelang Bulan Ramadhan hingga selesai Hari Raya. Pada Selasa Kliwon kali ini, warga kembali melakukan aksi. Dan bulan depan mereka akan datang lagi, hingga ada tanggapan Bupati atau pemerintah.

“Aksi demo hari ini cukup di depan Pemkab menyuarakan aspirasi lewat orasi dan berdo’a bersama. Dengan sajian tumpeng bertempat di trotoar depan Kantor Bupati. Biasanya aksi-aksi sebelumnya dari Kantor Pemkab, massa berjalan menuju Kantor DPRD. Selain Selasa Kliwon, warga seputar Gunung Tumpang Pitu anti tambang juga sering melakukan aksi yang sama di pintu masuk Gunung Tumpang Pitu,” jelas Nurul Aini.

Usai melakukan aksinya, warga berdo’a bersama dengan sajian nasi tumpeng ditutup dengan do’a. Mereka membubarkan diri dengan tertib. Mereka kembali ke rumah masing-masing yang jaraknya 75 km arah Selatan dari jatung kota Banyuwangi. (BUT)

Loading...

Baca Juga