oleh

LSM Format Warning Bawaslu Soal Dugaan Politik Uang Caleg Demokrat

SUARAMERDEKA – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Lima Maret (LSM Format) Banyuwangi, Soeroso, memberikan peringatan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). yang kini tengah menyelidiki kasus dugaan politik uang yang dilakukan Caleg Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi.

Hal ini ditegaskan Soeroso kepada suaramerdeka.id, Minggu (21/4/2019) di Banyuwangi. Menurut Soeroso, Bawaslu harus cerdas. Bawaslu juga tidak sekedar mengacu pada undang-undang pemilu yang sangat mandul. Terutama dalam penegakan hukum terhadap pelaku politik uang.

Menurut ketua LSM Format, justru Bawaslu dengan Penegakan Hukum Terpadu (Gakkundu) nya lebih mengedepankan pada realita dan fakta yang terjadi di tengah masyarakat. Dimana rakyat telah menjadi korban kejahatan moral elit politik. Yang menghalkan berbagai cara untuk meraih kekuasaan.

“Jangan ada kasus money politic, hanya karena orang yang bagi-bagi politik uang untuk caleg tertentu tidak masuk dalam daftar timses resmi, Bawaslu kemudian membebaskannya. Padahal, mana ada orang atau warga yang sukarela berkorban bagi kepentingan pribadi caleg tertentu. Kadang untuk kebutuhan hidup sehari-harinya sudah kesulitan,” tegas ketua LSM Format.

Karena itu, Soeroso dengan tegas mengingatkan kepada Bawaslu Kabupaten Banyuwangi untuk kerja dengan sungguh-sungguh dan cerdas.

Sebagai LSM tertua di daratan Bumi Blambangan, Soeroso mengaku memiliki pengalaman cukup dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Soeroso bahkan mengingatkan, LSM Format adalah satu-satunya LSM yang pernah membongkar kinerja penyelenggaraan pemilu. Sehingga tiga anggota Komisioner Panwaslu Kabupaten Banyuwangi harus dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Karena itu menurut Soeroso, Bawaslu Kabupaten Banyuwangi jangan sampai mengulangi kembali kebodohan yang pernah dilakukan para pendahulunya.

“Kalau tidak, saya sudah menyiapkan untuk memberikan pelaporan ke Bawaslu Jatim, Bawaslu Pusat dan DKPP,” katanya.

Menurut pengamatan Soeroso, dalam kontek dugaan politik uang oleh Caleg Demokrat ini sudah ada dua laporan yang masuk ke Bawaslu Banyuwangi. Untuk itu, LSM Format siap membackup proses pelaporan dugaan politik uang tersebut.

Sebagai bentuk dukungan moral terhadap kerja Bawaslu dan Gakkundu terkait proses penyelidikan dugaan politikuang Caleg Demokrat Banyuwangi, Soeroso, mengagendakan untuk mengunjungi Kantor Bawaslu Banyuwangi, Senin (22/4/2019). (BUT)

Loading...

Baca Juga