oleh

Mantan Bupati Banyuwangi Ambil Formulir Pendaftaran Bacabup di Kantor PDIP

SUARAMERDEKA.ID – Ratna Ani Lestari (RAL) mantan Bupati Banyuwangi pereode 2005 – 2010 memantabkan diri kembali maju sebagai kontestan pesta demokrasi pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Banyuwangi, bulan November tahun 2024.

Perempuan yang pernah duduk di bangku SMPN 1 Giri, akrab dengan sebutan RAL ini, mengambil formulir pendaftaran bakal calon (Bacalon) Bupati Banyuwangi di kantor DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, Sabtu (27/4/2024), bersama tim pemenanganya.

Didampingi rombongan tim pemenanganya, Cabub RAL start dari kediamannya Jalan. Serayu, tiba dikantor DPC PDI Perjuangan Banyuwangi sekitar pukul 11.30 WIB.

“Saya memilih PDIP ini, selain sebagai bagian dari diri saya pribadi, juga bagian dari teman-teman kader PDIP lama.” tutur Ratna.

Dengan di dasari panggilan Jiwa, saya mengabdi dan tekat bulat ambil formulir Pendaftaran Bacabup di PDIP Banyuwangi.

Baca Juga :  Warga Sanggeng Gugat PT Pertamina Fuel di PN Manokwari

“Ini semuanya masih kompak, mereka berangkat dari PDIP.” tambah RAL.

Dalam pencalonannya kali ini, Ratna memiliki visi dan misi, diantaranya, masyarakat sejahtera, mandiri, bangga sebagai masyarakat Banyuwangi dengan sumber daya manusianya dan sumber daya alamnya, baik itu di bidang pertanian, perikanan dan kelautan.

Ratna mengaku kembali maju di pilkada tahun ini merupakan sebuah panggilan jiwa untuk kembali mengabdi kepada masyarakat.

Juru bicara tim pemenangan bakal calon Bupati Banyuwangi RAL, Didik Hariyanto menambahkan, teman-teman kader PDIP Banyuwangi diluar struktur rata-rata menginginkan RAL untuk mendaftarkan diri menjadi calon bupati periode 2024-2024 melalui PDI Perjuangan.

Sebagai mantan Bupati, kata Didik, dari sisi administratif legal formalnya menurut hukum masa jeda lima tahun sudah terlampaui, sehingga hak politik untuk dicabut haknya sudah gugur.

Baca Juga :  Status Gunung Raung Kembali Naik Menjadi Waspada

“Secara legal formal, RAL mempunyai hak politik yang sama.” tegas Didik.

Ia juga menyebut, sejumlah partai non parlemen saat ini sudah berkomunikasi intens dan mendukung pencalonan RAL di pilkada 2024.

Sementara, Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Pilkada 2024 DPC PDI-P Banyuwangi, Eko Sukartono mengatakan, kandidat bakal calon bupati mulai mengambil formulir sejak, Selasa (23/4/2024).

“Hingga saat ini, total ada 4 kandidat yang telah mengambil formulir.” kata Eko Sukartono.

Keempat kandidat tersebut, yang pertama ada pengusaha budidaya Lobster, Chandra Astan yang mengambil formulir pertama, kemudian yang kedua Febri NH seorang kontraktor, ketiga anggota DPR RI yang juga Ketua DPC Gerindra Banyuwangi, Sumail Abdullah, dan yang keempat Bupati perempuan pertama di Banyuwangi Ratna Ani Lestari.(BUT).

Loading...