oleh

PP GPI Kecam Pembunuhan Massal Oleh Aparat di Stadiun Kanjuruan Malang

SUARAMERDEKA.ID – Ketua Bidang Politik dan Kebijakan Publik Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam (PP GPI), Eko Saputra, mendesak Presiden dan Kapolri untuk mengusut tuntas tragedi pembunuhan massal yang terjadi di stadiun Kanjuruhan.

Selain itu, Eko Juga meminta Menteri Pemuda dan Olahraga, Ketua Umum PSSI dan Kapolda Jawa Timur serta Kapolres Malang untuk segera dipecat dan bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

“Saya meminta supaya Menpora, Ketua Umum PSSI dan Kapolda Jawa Timur serta Kapolres Malang dipecat dari jabatannya,” Tagas Eko dalam siaran pers yang diterima redaksi, Minggu (2/10/2022).

Pengurus PP GPI tersebut juga menjelaskan, bahwa peristiwa memilukan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang tersebut, telah mencoreng citra olahraga sepakbola Indonesia di seluruh dunia.

Baca Juga :  "Jhoss" Ipuk Bertemu Menpora, Siap Sukseskan Liga Selancar Paling Bergengsi Dunia

Ia juga menyesalkan tindakan refresif aparat kepolisian yang menembakkan gas air mata saat membubarkan penonton. Padahal FIFA sebagai induk sepakbola dunia terang-terangan telah melarang pemakaian gas air mata dalam stadion pertandingan.

“Pemakaian gas air mata sangat di larang dalam stadion sepakbola. Diduga hal ini lah yang menyebabkan jatuhnya ratusan korban jiwa, akibat mengalami sesak nafas dan kekurangan oksigen dari gas air mata yang di timbulkan,” tegas Eko.

“Saya mengutuk dan mengecam keras kejadian ini. Saya juga minta supaya Menpora dan Ketum PSSI dipecat dari jabatannya, dan Kapolda Jawa Timur serta Kapolres Malang dicopot,” pungkasnya. (AMN).

Loading...