oleh

Ratusan Pesilat Jawa – Bali Bertarung di “Banyuwangi Silat On the Beach”

SUARAMERDEKA.ID – Ratusan pesilat se-Jawa dan Bali dari berbagai kelompok umur datang ke Banyuwangi mengikuti kejuaraan silat, Banyuwangi Silat On the Beach, di Pantai Boom Marina, Banyuwangi, 28-30 Juni 2024.

Dengan berlatar panorama selat Bali, para pesilat unjuk kebolehan. Mereka bersaing di kategori seni tunggal, seni ganda, dan tanding.

“Kejuaraan ini selain untuk mencari bibit atlet silat potensial, sekaligus mempromosikan Boom Marina Banyuwangi.” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat hadir di acara tersebut, Sabtu Malam (29/6/2024).

Boom Marina terletak di garis pantai Selat Bali. Area ini mencakup 480.000 meter persegi yang terdiri dari marina, eco-park, resor, pusat kuliner seafood, dermaga yatch, dengan keindahan alamnya.

Baca Juga :  Kartu e-Nak Wangi Banyuwangi Raih Top 30 Inovasi Pelayanan Publik Jatim

“Saya ucapkan selamat bertanding dan jaga sportivitas. Setelah bertanding silahkan mampir ke berbagai destinasi dan kuliner yang ada di Banyuwangi.” kata Ipuk lagi.

Ditambahkan Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, M. Alfin Kurniawan, Kejuaraan ini diikuti 305 pesilat dari 18 perguruan silat yang bertanding memperebutkan hadiah jutaan rupiah.

“Pesertanya di luar perkiraan, antusias sekali. Pendaftar mulai dari Jember, Bali, Pasuruan, Lamongan, hingga Magetan.” terang Arifin.

Kelas yang dipertandingkan antara lain usia dini 1 (7-9 tahun), usia dini 2 (10-12 tahun), usia pra-remaja (12-14 tahun), remaja (14-17 tahun), dan dewasa (17-32 tahun).

“Untuk kategori perlombaan ada seni tunggal, seni ganda, dan tanding. Untuk tanding per kategori terdiri dari 8 grup yang terdiri dari 8-10 orang.” pungkas Alfin. (BUT).

Baca Juga :  Limbah PT AR Tambang Emas Martabe di Buang ke Sungai
Loading...