oleh

SKK Migas – KKKS Pamalu, HAGI dan IAGI Gelar Seminar Nasional Ilmu Kebumian

SUARAMERDEKA.ID – SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku, bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di wilayahnya menyelenggarakan Kegiatan Kuliah Umum dan Seminar Nasional Ilmu Kebumian. Kuliah umum dan seminar ini sebagai bentuk komitmen untuk tingkatkan SDM Timur Indonesia.

Acara ini mengusung tema “Mengulang Keberhasilan Giant Discovery Hasil Investasi SDA dan SDM di Timur Indonesia” kegiatan diselengarakan secara virtual (27/10/2020). Pelaksanaan seminar nasional yang dimotori oleh 2 lembaga asosiasi Profesional bidang kebumian dan diikuti sebanyak 893 peserta. Dua asosiasi tersebut adalah Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI),

Hadir civitas akademika dari Universitas Cenderawasih-Jayapura, Universitas Papua di Manokwari dan Sorong, Universitas Pattimura – Ambon, dan STKIP di Saumlaki. Hadir pula mahasiswa dan praktisi ilmu ilmu kebumian dari kota Merauke, Nabire serta dari luar pulau seperti Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Sumatera.

“Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk komitmen SKK Migas dalam meningkatkan kualitas SDM di Papua dan Maluku. Dan juga mewujudkan sinergi untuk menghadirkan kembali giant discovery di Timur Indonesia,” kata Kepala Perwakilan SKK Migas Papua dan Maluku, A. Rinto Pudyantoro dalam sambutannya.

Dalam pelaksanaannya, SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku selain mengandeng profesional terbaik dari IAGI dan HAGI juga turut mengajak konsultan energy dunia yang berkantor di Singapore dan Perth/Austalia, IHS Markit – PetroPro sebagai narasumber selain Kepala Divisi Perencanaan Eksplorasi SKK, Shinta Damayanti; Awang Satyana, Independent Geologist dan Advisor SKK Migas; Nara Nilandaroe, General Manager Genting Oil Kasuri Pte Ltd; dan Henry Banjarnahor, Vice President Corporate Services Inpex Masela Ltd.

Dalam acara kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan donasi secara simbolis dari SKK Migas, KKKS, serta Asosiasi kepada Kampus-Kampus di Papua dan Maluku. SKK Migas Papua Maluku dan Inpex Masela Ltd menyerahkan bantuan perlengkapan dan buku buku untuk rencana ruang “Migas Center” di perpustakaan Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Saumlaki. HAGI dan IAGI bersama KKKS Inpex dan BP menyerahkan donasi berupa memoir dan kerja sama kuliah tamu. Selain itu KKKS BP Indonesia turut menyerahkan donasi peralatan praktikum Geologi berupa Palu dan Kompas Geologi.

Sementara itu IHS Markit-PetroPro juga mendonasikan software pendidikan guna mendukung kemampuan intepretasi data geologi dan geofisika untuk peningkatan daya saing dan peningkatan SDM Civitas Akademika yang ada di Timur Indonesia.

“Dukungan SKK Migas – KKKS dan Asosiasi ilmu ilmu kebumian, tidak hanya berhenti pada acara hari ini. Namun akan dilanjutkan pada awal bulan November dengan mengadakan kuliah khusus lanjutan. Yang terfokus pada kelas kelas belajar ilmu Geologi, Geofisika dan Peminyakan,” ujar Galih Agusetiawan, Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu, yang juga merupakan seorang geoscientist. (OSB)

Loading...

Baca Juga