oleh

Surabaya Community Gelar Buka Puasa Bersama 500 Anak Yatim

SUARAMERDEKA.ID – Sejumlah perantau asal Surabaya yang tergabung dalam Surabaya Community menggelar buka puasa bersama 500 anak yatim di Hotel Bidakara yang terletak di kawasan Pancoran Jakarta Selatan, Sabtu (18/5/2019). Acara ini adalah bentuk Program Kepedulian Sosial dari anak-anak Surabaya di bulan suci Rahmadhan.

Acara dengan tema “From Surabaya with Love” yaitu merupakan acara buka bersama dan santunan 500 anak yatim. Ke 500 anak yatim ini berasal dari 12 Panti yang ada di Jabodetabek. Turut hadir dalam acara ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Menurut Chandra, salah satu penggagas acara, salah satu agenda positif Surabaya Community adalah berbagi dengan sesama. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang digelar setiap bulan Ramadhan.

“Kegiatan ini sudah berjalan dari awal berdirinya. Yang dimana saat ini sudah memasuki usia yang ke 13 tahun. Bentuk program kepedulian sosial dari anak-anak Surabaya ini diwujudkan setiap tahunnya bertepatan dengan masuknya bulan suci Rahmadhan. Dengan berbagi kebahagiaan bersama kaum Dhuafa maupun Anak Yatim,” ujar Chandra.

Komunitas yang dikenal dengan sebutan SC ini  berdiri sejak bulan November 2006. Diprakarsai anak-anak muda perantau dari Surabaya yang bekerja dan menetap diluar Surabaya. Komunitas ini memiliki badan hukum dan telah ditetapkan sebagai perkumpulan berbadan Hukum melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM.

“Didirikan atas dasar menjaga kebersamaan di perantauan. Yang memiliki slogan “Sedhuluran Sampek Matek”, yang berarti “Rasa Persaudaraan Sampai Akhir Hayat,” kata Dewan Pembina SC, Arif Perdana Kusuma.

Lanjutnya, dimanapun arek-arek Suroboyo berada, mereka akan tetap menjaga, melestarikan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Surabaya. Termasuk cara berkumpul, bercanda dan lainya yang menjadi ciri khas arek suroboyo. Gaya ini tetap akan dibawa, karena menjadi indentitas Arek-Arek Suroboyo.

“Tentunya yang menyangkut segala sesuatu yang positif,” ujarnya.

Saat ini Surabaya Community mempunyai 12 chapter (cabang) yang tersebar di Indonesia. Diantaranya, Borneo, Bali, Batam, Bandung, Solo, Medan, Surabaya, Jogya, Semarang, Cilegon, Tarakan, Jabodetabek. Sedangkan SC Chapter Jakarta Raya sebagai Induk alur komunikasi koordinasi di seluruh Indonesia. (OSY)

Loading...

Baca Juga