oleh

Team SAR Gabungan Selamatkan Nelayan Indonesia Hanyut di Perairan Australia

SUARAMERDEKA.ID – Team SAR Gabungan Basarnas, Bakamla dan TNI AL berhasil menyelamatkan nelayan Indonesia yang hanyut hingga perairan Australia. Kapal nelayan yang diselamatkan KM Tradisani berasal dari Maumere sempat dinyatakan hilang oleh pihak setempat.

Kazona Maritim Timur Laksamana Pertama Arif Sumartono menjelaskan, Bakamla RI yang mendapatkan informasi titik koordinat kapal nelayan tersebut. Pihaknya kemudian mengirimkan Armada KN Ular Laut 405 yang berada di bawah Zona Maritim Ambon bersama dengan KN. Sar Bharata 242 untuk melakukan pencarian kapal nelayan di perairan laut Timor. Perairan tersebut berbatasan langsung dengan perairan Australia.

“Pada hari selasa 29 Desember 2020 pukul 05.15 WIT KN Ular Laut 405 dan KN. SAR Bharata 242 mendapatkan KM Tradisani yang hanyut tersebut,” katanya melalui pernyataan resmi, Rabu (30/12/2020).

Ia menambahkan, ABK selamat atas nama Antonius langsung di evakuasi untuk penanganan medis. Selanjutnya ia dibawa menuju ke Saumlaki untuk dikembalikan ke keluarganya.

“Kita bersyukur korban ditemukan selamat. Dan mengucapkan terima kasih kepada ABK KN Ular Laut dan KN SAR Bharata. Yang dengan semangat dan pantang menyerah untuk terus mencari. Dan Alhamdulilah berhasil,” ujar Arif Sumartono. (SMS)

Loading...

Baca Juga