oleh

Tiga Bawaslu Kabupaten Gelar Upacara Bersama Peringati HUT ke-74 RI

SUARAMERDEKA.ID – Tiga Bawaslu Kabupaten/Kota mengadakan Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertempat di Halaman Kantor Bawaslu Brebes jalan KH.Hasyim Ashari Keluarga Kauman Baru Pasar Batang Brebes Jawa Tengah, Sabtu (17/8/2019).

Hadir dalam kegiatan upacara bendera tersebut Komisioner Bawaslu Kabupaten Brebes, Bawaslu Kotamadya Tegal dan Bawaslu Kabupaten Tegal. Hadir pula seluruh staf dan karyawan ketiga Bawaslu tersebut.

Ketua Bawaslu Brebes, Wakro SIp bertindak sebagai Pembina Upacara  yang membacakan amanat Ketua Bawaslu RI Abhan.

“Bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia menjadi momentum bagi kita semua untuk bersyukur. Atas seluruh karunia Tuhan Yang Maha Esa. Sudah 74 tahun kemerdekaan sebagai bangsa Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan oleh bangsa lain. Sebagai bangsa yang berhak menentukan nasib sendiri. Berupaya berdiri di atas kaki sendiri bangsa yang berdemokrasi,” kata Wakro.

Lebih lanjut ia mengatakan, jajaran pengawas pemilihan umum merupakan bagian penting dari perjalanan demokrasi. Meskipun kehadiran badan pengawas pemilihan umum baru di mulai 11 tahun lalu.

Namun semangat perlu dibangunkan satu organisasi untuk memipin dan mengawasi pemungutan suara seperti yang telah di sampaikan oleh Presiden RI pertama, Ir Soekarno pada suatu kesempatan di Muntok, Bangka,21 Februari 1949. Pengawasan pemilihan umum merupakan amanat luhur dalam mengawal demokrasi yang maju bagi bangsa Indonesia.

“Belum lelah dan letih ketika kemarin pemilihan umum serentak. Kita dihadapkan dengan pemlihan kepala daerah tahun 2020 sebanyak 270 pilkada. Tentunya ini tantangan yang tidak boleh menjadi aral semangat,” ujar Wakro.

Di akhir amanatnya, Wakro mengutip pesan Proklamator Muhammad Hatta.

“Kurang cerdas dapat di perbaiki dengan belajar,kurang cakap dapat di hilangkan dengan pengalaman,namun tidak jujur itu sulit di perbaiki”pada dasarnya Bawaslu harus di isi dan di kembangkan oleh orang orang yang jujur,berintegritas,dan profesional dalam peranya memajukan demokrasi bangsa,” pungkasnya. (RMT)

Loading...

Baca Juga