oleh

Ada 3 Setan Besar Yang Jadi Dalang Kerusuhan September-Oktober

Ada 3 Setan Besar Yang Jadi Dalang Kerusuhan September-Oktober. Oleh: Yudi Syamhudi Suyuti, Koordinator Eksekutif JAKI (Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional).

Belakangan banyak pihak, khususnya aparat keamanan berusaha mencari dalang kerusuhan September-Oktober 2019, baru saja.

Jawabnya tentu ada dalangnya yang terdiri dari 3 Setan besar. Yaitu Koruptor, Penjahat Kemanusiaan dan Pembakar Hutan.

Tiga setan besar inilah yang menjadi biang kerok dan harus kita bekuk bersama.

Revisi UU KPK mengawali lonceng membuka pintu besar protes dan demonstrasi mahasiswa, pelajar, aktivis, petani, buruh dan rakyat banyak.

Bersamaan itu terjadinya gelombang pembakaran hutan secara massive dan terstruktur. Juga munculnya berbagai RUU yang tidak pro rakyat, anti demokrasi dan anti hak asasi manusia. Juga semakin banyak kriminalisasi dan kejahatan kemanusiaan terjadi.

Baca Juga :  Hafizan Abbas Dipidana 3 Bulan Karena Drum, Magic Com dan Sarung

Inilah semua akar yang membakar munculnya kekuatan rakyat non struktural untuk memperbaiki negara sekaligus menegakkan keadilan dan kemanusiaan.

Wajar jika kemudian rakyat menuntut haknya yang selama ini dikangkangi oleh 3 Setan Besar tersebut.

Rakyat ini pemilik negara yang membayar pajak dan menggaji aktor-aktor Negara.

Kita harus terus menekankan kepentingan rakyat banyak ke DPR dan Presiden. Bukan sebaliknya, Negara yang memaksakan kehendak demi kepentingan 3 setan besar tersebut. Tapi Negara harus tunduk pada rakyat. Setunduk-tunduknya pada kepentingan rakyat banyak.

Karena hal itu bukan mengada-ngada, melainkan dasar-dasar yurisdiksi nasional dan internasional atas lahirnya Republik Indonesia, yaitu Pembukaan UUD 45, Proklamasi dan Piagam Atlantik. Selain itu juga di dasari oleh Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan Piagam PBB.

Loading...

Baca Juga