oleh

Sorong Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia

SUARAMERDEKA.ID – Pelaksanaan upacara Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional yang diselenggarakan oleh Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, Jumat (15/11/2019) di Kawasan Ekonomi Khusus Dermaga Feri SP3 Sorong. Inspektur upacara dipimpin oleh Wakil Bupati Sorong Suko Harjono.

Dalam sambutan Gubernur Provinsi Papua Barat yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sorong Suko Harjono meyampaikan bahwa Bupati dan Walikota dalam visi misi, telah berkomitmen untuk membangun dengan memperhatikan kelestarian sumber daya alam dan ekosistemnya.

“Provinsi Papua Barat memiliki kawasan hutan yang cukup luas. Dan beberapa kegiatan sudah dikonversi untuk pembangunan diberbagai kepentingan lainnya. Sehingga kawasan hutan masih tersisa serta perlu kita jaga dan kita lestarikan,” ucap Suko.

Baca Juga :  Babinsa Koramil 12 Bantarkawung Dampingi Penyaluran BPNT

Lanjutnya, di beberapa wilayah Kabupaten/Kota yang telah dibangun infrastruktur dasar untuk menunjang kegiatan ekonomi. Sehingga diharapkan pembangunan yang berwawasan lingkungan dengan membangun ruang terbuka hijau serta menyediakan ruang untuk rekreasi, memberikan udara yang sehat dan segar bagi masyarakatnya.

“Saya juga mau mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat di Provinsi Papua Barat. Bahwa kawasan hutan kita yang kaya raya dengan potensi sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Termasuk flora dan fauna,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sumber daya hutan lebih kurang 8,7 juta hektar. Untuk itu pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga hutan secara baik, bijaksana. Serta menjaga kelestarian agar manfaatnya berkelanjutan dan tetap lestari.

Baca Juga :  Perum Bulog Manokwari Siagakan 162 Titik Rumah Pangan Kita

“Kawasan kawasan hutan yang sudah kritis kita tanami kembali dan dipelihara. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hutan serta fungsinya sebagai hutan konservasi,” kata Suko.

Usai upacara kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Wakil Bupati Sorong beserta Kepala Cabang Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat dan Pimpinan OPD di halaman Kantor Administrator.

Turut hadir dalam giat ini adalah Wakil Bupati Sorong, KCDK Kabupaten Sorong, Kepala OPD Kabupaten Sorong, TNI, Polri, Unimuda, SMPN 1 Aimas. (OSB)

Loading...

Baca Juga