oleh

Papua Barat Menggelar Penanaman Pohon Serentak Tahun 2019

SUARAMERDEKA.ID – Kepala cabang Dinas Kehutanan wilayah IX Sorong Dina Helena Anita Homer S.Hut menjelaskan bahwa pelaksanaan penanaman pohon serentak tahun 2019 di seluruh wilayah Provinsi Papua Barat dilaksanakan Jumat (15/11/2019). Lokasi pelaksanaan penanaman pohon serentak untuk Kabupaten Sorong dilakukan di Kawasan Ekonomi Khusus, Kampung Arar Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong.

Ada beberapa jenis tanaman yang disiapkan untuk ditanam. Yaitu Masohi dan Trembesi sebanyak 100 anakan pohon. Tanaman hias seperti Glodokan, Tanjung, Puring, Pucuk Merah, Palem Ekor Tupai dan Tabebuai sebanyak 600 anakan pohon. Tananaman MPTS atau serba guna yaitu Rabutan, Mangga, Durian sebanyak 100 anakan pohon.

Total keseluruhan sebanyak 700 anakan pohon yang ditanam pada lahan seluas 2 Ha dengan jarak tanam 5 x 5. Sedangkan untuk 100 anakan pohon tanaman MPTS atau serba guna akan dibagikan ke beberapa petani di tiga Kampung wilayah Kawasan Ekonomi Khusus.

Baca Juga :  Perum Damri Sorong Keluhkan Rencana Pengerjaan Aspal Tanjakan Gunung Della

“Maksud dilaksanakannya peringatan penanaman serentak adalah untuk mengajak seluruh komponen bangsa agar menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan. Dalam rangka merehabilitasi hutan dan lahan, menjaga kelestarian sumber daya alam. Serta sebagai gerakan moral untuk menanam dan memelihara pohon,” kata Dina Helena Anita Homer.

Sedangkan tujuan dilaksanakan penanaman pohon serentak tahun 2019 adalah menambah luasan tutupan hutan dan lahan. Termasuk juga mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi hutan dan deforestasi serta kerusakan lingkungan lainnya. Kesemuanya dapat mengakibatkan penurunan produsifitas alam dan kelestarian lingkungan, memasyarakatkan gerakan tanam dan pelihara pohon secara nasional. Hal ini sebagai sikap hidup dan budaya bangsa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tema hari penanaman pohon serentak tahun 2019 adalah “DAS Sehat, Sejahterakan Rakyat”. Tema ini memiliki makna kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS-red), apabila dijaga dengan baik. Salah satunya melalui kegiatan penanaman akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat diberbagai aktivitas perekonomian,” ujar Dina Helena Anita Homer.

Disela terpisah Sekretaris cabang Dinas Kehutanan wilayah IX Sorong Sarteis Sagrim, S.Hut, MM menambahkan bahwa dengan penuh harapan, mengajak kedepannya masyarakat yang berada di Kabupaten Sorong maupun diluar Kabupaten Sorong untuk budayakan menanam pohon dan pelihara pohon untuk hidup yang lebih baik.

Baca Juga :  Pemalangan Proyek Pengendali Banjir Sungai Warmare di Buka

“Karena hutan akan menjaga kita jika kita “Membangun Dengan Hati, Mempersatukan Dengan Kasih Menuju Papua Barat Aman, Sejahtera Dan Bermartabat,” katanya. (OSB)

Loading...

Baca Juga