oleh

Massa Desak KPK Usut Peran Wakil Ketua DPR di Korupsi DAK Kebumen

SUARAMERDEKA – Massa mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi untuk mengusut tumtas kasus Korupsi DAK (Dana Alokasi Khusus) yang terjadi di Kabupaten Kebumen. Kasus korpsi ini diduga melibatkan Wakil Ketua DPR RI dari fraksi PAN, Taufik Kurniawan.

Ratusan massa aksi ini menamakan diri Solidaritas Untuk Pergerakan Aktivis Anti Korupsi (SUPERVISI) dan Komunitas Aksi Mahasiswa Pemuda Anti Korupsi (KAMPAK). Mereka melakukan demontrasi ke gedung KPK di Kuningan Jakarta Selatan, Senin (29/10/2018).

koordinator aksi Rahman Andrian, dalam tuntutannya mendesak KPK untuk membongkar skandal suap DAK Kabupaten Kebumen Jawa Tengah yang diduga kuat melibatkan Taufik Kurniawan. Sampai saat ini KPK dirasa kurang serius, sehingga muncul kesan ketidakberanian dalam menuntaskan kasus ini.

“Kenapa sampai saat ini belum ada kejelasan kasus korupsi DAK Kebumen yang melibatkan Taufik Kurniawan? Apakah Ketua KPK Agus Raharjo tidak berani atau malah melindungi Taufik?”

Seperti yang diketahui, saat ini KPK sedang menangani dugaan suap atau gratifikasi terkait pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen dari APBN. Terdakwa dalam kasus korupsi DAK ini adalah Komisaris PT Karya Adi Kencana Khayub Muhamad Lutfi alias Ayub‎ dan Bupati Kebumen nonaktif Muhamad Yahya Fuad. Dalam persidangan sudah terungkap adanya dugaan pemberian dan penerimaan 3,7 miliar oleh Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN, Taufik Kurniawan‎.‎

Baca Juga :  KPK Segera Saja Tangkap Enggar, Sebuah Opini Muslim Arbi

Dalam penyelidikan tersebut, sudah ada beberapa pihak yang dimintai keterangan oleh KPK dengan status sebagai terperiksa. Di antaranya Taufik Kurniawan yang dimintai keterangan oleh penyelidik pada Rabu (5/9/2018). Sampai saat ini belum berujung pada kesimpulan menindak Taufik sebagai tersangka. (MIL)

Loading...

Baca Juga