oleh

Kantor PT Pertamina Pindah ke Gedung Milik Luhut Sopo Del Tower

SUARAMERDEKA.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan sampai saat ini belum menerima laporan pengaduan masyarakat terkait pindahnya kantor PT Pertamina ke gedung milik Luhut Binsar Pandjaitan Sopo Del Tower. Pindahnya kantor PT Pertamina ini marak diperbincangkan karena saat ini Luhur Binsar Pandjitan adalah Menteri Koordinator Kemaritiman.

Perpindahan ini memunculkan dugaan penyalahgunaan wewenang dalam penunjukkan tender terkait perpindahan kantor PT Pertamina (persero) ke gedung dari kawasan Medan Merdeka ke Gedung Sopo Del, Jalan Mega Kuningan Barat III, Lot 10. 1-6, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Ada atau tidak ada laporan pengaduan masyarakat itu sekarang tidak bisa kami konfirmasi,” kata Juru bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Gedung C-1 KPK Lama, Senin (29/7/2019) seperti yang dikutip dari kabardaerah.com.

Febri melanjutkan, aendati demikian, apabila ada laporan dari masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan wewenang pada proses lelang dan penunjukkan tender perusahaan berplat merat itu akan ditelaah terlebih dahulu oleh KPK untuk kemudian memungkinkan ditindaklanjuti.

Baca Juga :  Melanggar KUHAP, Robinson Saul Harus Praperadilankan Polres Sangihe

“Tapi jika ada laporan masyarakat pasti akan kami lakukan telaah, karena prosesnya masih awal,” jelas Febri.

Pindahnya PT Pertami ke gedung milik Luhut ini terungkap ketika anggota komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka bertanya kepada Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Sopo Del Tower ini berada di jalan Mega Kuningan Barat III, Lot 10. 1-6, di kawasan Kuningan, Jakarta.

“Proses penunjukannya seperti apa, kami minta data tertulis supaya semua ada datanya karena ini perusahaan negara. Janggal atau tidak? Urgensinya apa dan harus tertulis,” kata Rieke Diah di Gedung DPR, Kamis (18/7/2019), seperti yang dikutip dari cnbcindonesia.com.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati membenarkan soal pindahnya kantor PT Pertamina. Perpindahan ini tidak hanya ke Sopo Del, tetapi juga ke Menara Mandiri. Ia menjelaskan, dipilihnya gedung Sopo Del sudah melewati proses tender dan prosedur sesuai standar dari berbagai opsi pilihan lokasi dan gedung.

Baca Juga :  Bantu Korban Aksi 21-22 Mei, Apa Salah Anies? Opini Tony Rosyid

“Pindah sementara iya sedang disiapkan, karena kita mau ke Menara Mandiri. Annex ke Sopo Del iya. Sudah ya,” katanya.

Senada dengan Nicke, Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansury memastikan, perpindahan hanya sementara. Pasalnya, kantor PT Pertamina saat ini akan dilakukan renovasi dan rehabilitasi gedung. Namun, ia enggan membuka soal biaya sewa Sopo Del Tower tersebut.

“Sudah disiapkan,” kata Pahala. (OSY)

Loading...

Baca Juga