oleh

Berdayakan Peternak Lokal Melalui Inovasi Nusalokal

SUARAMERDEKA.IDInovasi aplikasi Nusalokal karya Muhammad Reza Pahlevi lulusan Institut Pertanian Bogor membuat Hari Raya Idul Adha tahun ini begitu spesial. Aplikasi tersebut mampu memberdayakan para peternak hewan kurban di wilayah kabupaten bogor.

Saat ditemui  di salah satu peternakan sapi di kelurahan Bubulak Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (9/8/2019), Reza bercerita bahwa peternak lokal harus diberi wadah untuk membantu dalam proses distribusi. Peternak lokal juga butuh pengetahuan terhadap pangan pangan terbaik apa yang harus diberikan kepada hewan kurban. Sehingga nanti daging hewan kurban akan mempunyai kualitas yang baik untuk di konsumsi oleh masyarakat.

“Nusalokal adalah wadah rekan-rekan mahasiswa dalam mengembangan bisnis di sektor pertanian dan peternakan. Karena bisnis ini sangat jarang disentuh oleh adik-adik mahasiwa. Padahal sektor ini adalah sektor rill untuk masyarakat. Dan Alhamdulillah saya dengan beberapa rekan alumni IPB sudah memutuskan untuk membangkitkan 2 sektor ini. Sebagai jalan hidup dalam membantu masyarakat,” kata mantan Presiden Mahasiswa ini.

Baca Juga :  Unit Narkoba Polres Pelabuhan Makassar Jaring 40 Orang Terduga

Nusalokal adalah sebuah inovasi yang memanfaatkan media sosial untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Dalam aplikasi ini, Reza mempertemukan para peternak dari berbagai daerah dalam dunia maya untuk saling berbagi informasi. Edukasi dan distribusi adalah hal pokok yang menjadi prioritas Reza dalam memberdayakan peternak lokal.

“Untuk tahun ini, kami membina 15 kelompok peternak dalam memberikan edukasi serta mencari jalur distribusi pembeli. Agar peternak dapat menjual hewan kurbannya dengan mudah,” ujar Reza.

Kepada mahasiswa lulusan pertanian, reza berpesan agar terjun langsung membantu petani dan peternak lokal dalam pengembangan usahanya. (DVD)

Loading...

Baca Juga