oleh

Puting Beliung Porak-porandakan Desa Mantangai Hulu Kapuas

SUARAMERDEKA.ID – Bencana angin puting beliung memporak-porandakan Desa Mantangai Hulu RT 03 dan 04, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas Provinsi Kalteng, Selasa, (20/8/2019) sekitar pukul 17.20 WIB.

Akibat kejadian ini, sedikitnya 54 bangunan rusak dan 8 tiang listrik roboh serta 3 warga desa terluka. Dengan jumlah total 66 kepala keluarga (KK) terdampak.

Menindaklanjuti kejadian ini, BPBD Kabupaten Kapuas langsung terjun melajukan pengecekan ke lokasi bersama intansi terkait. BPBD juga berkoordinasi dengan Kepala Desa, Camat dan pihak terkait.

Sementara itu untuk korban meninggal tidak ada, tetapi tiga warga yang luka-luka sudah mendapatkan tindakan medis dari Puskesmas Mantangai.

“Kami melakukan pengecekan di lokasi kejadian. TNI, POLRI, BPBD, serta Perangkat Desa dan masyarakat membersihkan bekas kerusakan akibat bencana, “kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, Rabu sore (21/8/2019).

Baca Juga :  Rauni Akbar Perguruan Muhammadiyah Cumpleng Dihadiri Calon Kades Desa Brengkok
Puting Beliung Porak-porandakan Desa Mantangai Hulu Kapuas
Rombongan BPBD Kabupaten Kapuas saat mengunjungi lokasi bencana angin puting beliung di Desa Mantangai Hulu, Rabu sore (21/8/2019).

Panahatan Sinaga menjelaskan, bencana terjadi akibat cuaca ekstrim dan angin kencang yang disertai hujan dengan intentias yang tinggi. Sehingga menimbulkan angin puting beliung yang menghancurkan puluhan bangunan.

Berikut data terakhir terdampak bencana angin puting beliung di Desa Mantangai Hulu yang diperoleh dari BPBD Kapuas (Pusdalops-PB), dengan korban luka, yakni Carlie jenis kelamin perempuan (60), Itit, perempuan (35), Ertisen, perempuan (43). Jumlah korban terdampak dengan total 66 KK.

Sementara itu kerugian materil, diantaranya 4 unit rumah rusak berat, 44 rumah rusak ringan, 4 unit bangunan sarang burung walet rusak, 1 gereja rusak, Kantor Desa Mantangai Hulu rusak, dan 8 tiang listrik tumbang. (SAS)

Loading...

Baca Juga