oleh

Batamu ka LKAAM, Anies Baswedan Harap “Minang Effeck”

SUARAMERDEKA.ID – Giat safari politik Anies Baswedan dalam rangka sosialisasi dirinya menjadi calon Presiden Republik tahun 2024 tiba di Minangkabau, Sumatra Barat.

Momen kegiatan tersebut Anies unggah di akun facebook miliknya @Anies Baswedan, Senin (05/12/2022). Tampak Anies sedang medengarkan sambutan dari seorang tokoh. Dengan latar belakang “Anies Baswedan Batamu ka LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Mingkabau), 4 Desember 2022.

“Kami bersyukur sekali bisa tiba di Ranah Minang. Merasakan kembali segarnya air wudhu dari Tanah Minang ini,” tulis Anies dipostingan tersebut.

Anis menyampaikan, Ranah Minang merupakan sebuah tanah yang telah mengirimkan begitu banyak pejuang untuk republik. Sebuah tempat yang bundo kanduangnya melahirkan dan membesarkan pejuang untuk negeri ini. Yang Insya Allah akan kita pertahankan sama-sama ke depan.

“Saya merasa bersyukur bisa kembali, karena masa kecil saya dihabiskan dengan melahap biografi para tokoh yang kami baca. Dan tanpa kita sadari tokoh tersebut berasal dari Minang. Mulai Agus Salim, Natsir, dan Bung Hatta. Setiap kali kembali ke Tanah Minang, bukan hanya kembali ke sebuah provinsi di RI. Tapi kembali ke tempat di mana memori masa kecil tentang perjuangan ditorehkan” ungkap Anies.

Baca Juga :  SKK Migas Pamalu Sosialisasi dan Beri Bantuan Sosial di Distrik Penghasil Migas

Selanjutnya, calon Presiden yang diusung oleh Partai Nasdem tersebut. Mengaku sangat terhormat dapat bersilaturahmi dengan para sesepuh dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM).

 

“Sebuah kehormatan bisa bersilaturahmi dengan semua ninik-mamak dan bundo kanduang dari Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM),” tutur Anies.

Berikutnya Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 tersebut mengajak para tokoh Minang untuk mewujudkan apa yang ditulis oleh para pendiri Republik Indonesia. Untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Kami mendapatkan titipan yang tidak kami duga, saat kami hampir menuntaskan tugas di Jakarta. Kita ingin mewujudkan bersama apa yang ditulis pendiri republik, yakni menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Itu yang harus dikembalikan dan menjadi prioritas kita semua. Insya Allah ini bisa kita ikhtiarkan sama-sama,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mereka Ingin Sekali Anies Baswedan Jatuh Lewat Kekacauan Covid-19

Kemudian, Anies yang pernah menjabat Menteri Pendidikan Nasional periode pertama presiden Joko Widodo itu. Menegaskan bahwa dorongan dari masyarakat Minang dalam ikhtiar dirinya akan membawa efek ke seluruh Indonesia.

“Bila ikhtiar ini mendapat dorongan yang kuat dari Tanah Minang, maka efeknya akan menjangkau begitu banyak tempat di seluruh Indonesia. Karena masyarakat Minang yang merantau di mana-mana, ikut merajut tenun Indonesia, membuat Indonesia makin erat,” jelas Anies. (SAM)
Loading...