oleh

Inovasi Bapenda Banyuwangi, Bayar PBB-P2 Bisa di GoPay, Indomaret dan PPOB

SUARAMERDEKA.ID – Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banyuwangi (Bapenda Banyuwangi) membuat inobasi untuk mempermudah pemberian pelayanan kepada wajib pajak (WP). Kini pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) dapat dilakukan menggunakan GoPay, melalui PPOB (Payment Point Online Bank/pembayaran online) dan di Indomaret.

Kepala Bapenda Banyuwangi Alief Rachman Kartiyono mengkomfirmasi kemudahan dengan berbagai cara pembayaran tersebut. Sejak bulan Mei 2020, pelayanan pembayaran tidak perlu lagi ke Kantor Bapenda dan Bank Jatim. Jumlah yang harus dibayar pun sesai dengan angka rupiah di Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) yang ada.

“Terobosan kerjasama Bapenda dengan Go – Pay, Indomart dan PPOB sebenarnya sudah lama saya programkan. Semua itu semata hanya memudahkan pelayan masyarakat WP. PBB-P2 tidak harus ke Kantor Bapenda atau datang ke Bank Jatim untuk melakukan transaksi pembayaran pajak. WP sudah bisa online membayar pajak di GoPay, PPOB dan Indomart terdekat dengan efisien, praktis cepat dan mudah,” kata Mantan Kadis Koperasi dan UKM saat ditemui di kantornya, Jumat (16/10/2020).

Inovasi Bapenda Banyuwangi, Bayar PBB-P2 Bisa di GoPay, Indomaret dan PPOB
Kepala Bapenda Banyuwangi Alief Rachman Kartiyono SE MM, Jumat (16/10/2020)

Ia menambahkan, Wajib pajak (WP) menerima SPPT setiap tahunnya pada bulan Februari. Dengan inovasi kemudahan yang ada, WP bisa membayarnya melalui GoPay, PPOB dan atau Indomart terdekat dimana WP berada.

“Artinya, WP posisi di Banyuwangi atau diluar kota bisa membayar pajak yang nilainya sesuai SPPT yang diterima. Dengan batas akhir pembayaran 30 September setiap tahunnya.” ujar Alif

Lanjutnya, terobosan yang dibuat Bapenda banyuwangi ini bertjuan untuk memudahkan pelayanan kepada wajib pajak. Ia berharap, terobosan ini memberikan solusi atas keterlambatan pembayaran dengan alasan jarak lokasi pembayaran yang jauh.

“Terobosan yang dilakukan semata bentuk untuk mempermudah pelayanan WP. Kita ini ASN sebagai pelayan masyarakat, bukan untuk dilayani. Mudah mudahan pelayanan yang start tahun 2020 ini WP tidak ada lupa, tidak ada alasan malas membayar pajak PBB-P2 karena jauhnya kantor Bapenda dan Bank Jatim dengan rumah WP,” tutupnya. (BUT)

Loading...

Baca Juga