oleh

IPW Dukung Pembubaran Acara KAMI di Surabaya

SUARAMERDEKA.ID – Ketua Presidium Ind Police Watch (IPW) Neta S Pane mendukung tindakan aparat Polda Jatim yang membubarkan acara KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) di Surabaya pada Senin (28/9/2020) lalu. Apa yg dilakukan aparat Polda Jatim disebut dilakukan demi keamanan semua pihak dan demi menjaga kondusifitas kota Surabaya khususnya dan jawa timur umumnya.

Menurut Neta, dalam situasi pandemi covid-19 seperti sekarang ini, konflik dapat dengan mudah terpicu. Karenanya, IPW menilai sekecil apa pun potensi konflik harus dihindari.

“Sebab itu sangat wajar aparatur Polda Jatim membubarkan acara KAMI. Tindakan tegas, cepat dan antisipatif Polda Jatim ini patut diacungi jempol. Jika Polda Jatim terlambat bertindak tentu dikhawatirkan ada masalah yang akan berbuntut pajang. Karena kelompok KAMI dan massa non KAMI sudah siap saling berhadap hadapan dan situasi kian panas,” ujar Neta S Pane di Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Ketua Presidium IPW ini menyarankan KAMI untuk mengevaluasi berbagai kegiatan dan manuver manuver politiknya, terutama di daerah rawan konflik. Neta menilai, jika KAMI memaksakan diri dan terjadi bentrokan massa, maka kelompok KAMI juga yang akan rugi.

“Bagaimana pun kasus di Surabaya ini perlu menjadi warning buat KAMI agar lebih memperhitungkan situasi jika ingin menggelar kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa yang bisa menimbulkan konflik di masa pandemi Covid 19,” tutup Neta. (AMN)

Loading...

Baca Juga