oleh

Kalapas Banyuwangi Kontrol Blok Hunian “Pastikan Keamanan” Jelang Hari Raya ldul Adha

SUARAMERDEKA.ID – Menjelang perayaan Idul Adha, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi, Agus Wahono memastikan Lapas berada dalam kondisi yang aman dan kondusif dengan melakukan kontrol ke blok hunian, Kamis (13/6/2024).

Didampingi Kasi Admin Kamtib, Komandan Jaga, dan Taruna Poltekip, kontrol dilakukan secara menyeluruh pada setiap kamar hunian dan area sekitar blok hunian.

“Tujuannya untuk memastikan keamanan dan ketertiban dalam Lapas, terlebih lagi beberapa hari lagi umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha.” tutur Agus.

Agus menguraikan, kegiatan itu juga menjadi salah satu bentuk deteksi dini, sehingga apabila terdapat hal-hal yang sekiranya menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) dapat segera ditindaklanjuti.

Baca Juga :  Angkatan Muda GPM Canangkan Perayaan HUT AMGPM Ke-88

“Deteksi dini merupakan hal yang sangat penting dalam memetakan potensi gangguan kamtib dan mencegah agar hal tersebut tidak terjadi.” urainya.

Pada momen Hari Raya Idul Adha, di Lapas Banyuwangi akan menggelar Sholad Id bagi petugas dan Warga Binaan, serta kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

“Karenanya sangat penting untuk memastikan keamanan di dalam Lapas, sehingga serangkaian perayaan Idul Adha dapat diselenggarakan dengan tertib.” harapnya.

Melalui kontrol tersebut Agus juga menjalin pendekatan persuasif dengan Warga Binaan melalui dialog mengenai kondisi pada blok hunian, kondisi kesehatan, hingga pemenuhan hak pada masing-masing Warga Binaan.

“Melalui pendekatan persuasif, kami juga menyampaikan bahwa ada hal-hal yang harus dipatuhi oleh Warga Binaan dalam menjalani pembinaan di Lapas, seperti larangan penggunaan alat komunikasi dan upaya penyelundupan barang terlarang.” tambahnya.

Baca Juga :  Artis Seksi Nanie Darham Tertangkap Edarkan Kokain

Lanjut Agus, jika kondisi kamtib di Lapas yang berada dibawah naungan Kanwil Kemenkumham Jatim itu selalu dalam keadaan yang aman dan kondusif, maka kegiatan pembinaan juga akan berjalan dengan maksimal.

“Sehingga upaya kami untuk memberikan pembinaan sebagai bekal bagi Warga Binaan ketika bebas nanti dapat kami jalankan dengan baik.” pungkasnya.(BUT).

Loading...