oleh

Manfaatkan Lahan Kosong, Sayur Sawi Hijau Hasil Pembinaan Lapas Banyuwangi Dipanen

SUARAMERDEKA.ID – Upaya pembinaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banyuwangi untuk meningkatkan kualitas warga binaan terus dilakukan, bahkan di lahan yang terbatas pun bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembinaan.Selasa Siang, (8/8/2023).

Lapas Banyuwangi melakukan panen sayur sawi hijau di area luar tembok. Panen tersebut dihadiri langsung Kalapas Banyuwangi, Wahyu Indarto dengan didampingi Kasi Admin Kamtib, Kasubbag TU, Kasi Giatja beserta jajaran.

Wahyu mengungkapkan penggunaan lahan luar tembok tersebut agar tidak terkesan kosong dan tidak terawat, serta untuk memberikan pembinaan kepada warga binaan Lapas Banyuwangi.

“Kami arahkan beberapa warga binaan untuk menanam sayur sawi hijau, karena dari segi perawatan tidak terlalu sulit dan cukup memadai ditanam di lahan yang terbatas.” tutur Wahyu.

Baca Juga :  Peradaban Melayu dan Persia Miliki Banyak Persamaan

Lanjut Wahyu, meskipun ditanam diarea yang terbatasz Alhamdulillah hasil panen yang didapatkan terbilang memuaskan. “Sayur nya bagus dan segar serta tidak mengalami kerusakan.” tutur Wahyu, sapaan akrab Kalapas Banyuwangi.

Wahyu menambahkan pembinaan kepada warga binaan Lapas Banyuwangi terus digencarkan agar mereka memiliki keterampilan yang mungkin bisa bermanfaat ketika nanti mereka sudah dinyatakan bebas dan kembali berbaur dengan masyarakat.

“Memang ini adalah tugas kami untuk memberikan pembinaan kepada para pelanggar hukum, agar mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.” tamah Wahyu.

Selain pembinaan dibidang pertanian, terdapat beberapa pembinaan lain yang dilakukan oleh Lapas Banyuwangi. Mulai dari kerajinan tangan berupa celengan karakter yang terbuat dari koran bekas, meubelair, konveksi menjahit, melukis, ketrampilan batik, cucian motor dan mobil hingga pembinaan kerohanian.

Baca Juga :  Masyarakat Desa Subur Makmur Jadi Maju Karena TMMD

“Kami akan terus berupaya memberikan pembinaan yang merata kepada seluruh warga binaan di Lapas Banyuwangi, tentunya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas mereka.” tutur Wahyu, memungkasinya. (BUT).

Loading...