oleh

Paripurna DPRD Banyuwangi Dengan Agenda Pertanggungjawaban Bupati Tahun 2022

SUARAMERDEKA.ID – Rapat paripurna DPRD Banyuwangi dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi atas diajukannya Raperda Tentang Pertanggungjawaban Bupati Kabupaten Banyuwangi Tahun Anggaran 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Banyuwangi, Kamis (22/06/2022).

Rapat paripurna dewan tersebut dipimpin Michael Edi Hariyanto Wakil Ketua DPRD Banyuwangi dan dihadiri oleh Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah, sebagian anggota dewan Banyuwangi, dan beberapa pimpinan SKPD, Camat Lurah serta undangan lain.

Menurut Michael meskipun Bupati Banyuwangi tidak ada karena menjalankan ibadah haji, secara umum acara rapat paripurna berjalan lancar dan sukses.

“Semua fraksi kecuali PDI Perjuangan yang absen karena ada acara bimtek partai menyampaikan pemandangan umum yang menyoroti beberapa permasalahan yang ada dan semuanya variatif misalnya Fraksi PKB yang mempertanyakan progres penanganan PT.Pelayaran Banyuwangi Sejati (PT. PBS ) yang sudah ditangani sejak 2016.” terang Michael, sapaan akrab Ketua DPC Pantai Demokrat Banyuwangi.

Baca Juga :  Forkopimda Banyuwangi Pantau Warga Pendatang dari Luar Daerah

Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi itu menuturkan untuk kasus PT PBS DPRD sudah membentuk pansus yang diketuai oleh H Nauval Badri dan sudah melaporkan hasil rekomendasinya kepada pimpinan dewan.

Selain itu Fraksi PKB juga menanyakan progres kasus penanganan aset perusahaan docking kapal PT Trabasti karena Pemkab Banyuwangi menyertakan modal yang cukup besar dalam perusahaan tersebut.

“Fraksi Demokrat dalam pandangan umum (PU), Fraksinya antara lain mempertanyakan ketidak sesuaian antara kenaikan jumlah wisatawan yang datang ke Banyuwangi dengan setoran PAD untuk hotel dan restoran.” tutur Michael.

Lanjut Michael, menambahkan pasca pendemi Covdi 19 banyak wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang dan menginap di hotel di Banyuwangi.

Baca Juga :  Hindari Fitnah, BNPB Muna Akan Lakukan Rapid Test Secara Tertutup

” Korelasi hubungan kenaikan masuknya wisatawan dengan pemasukan pendapatan asli daerah (PAD) ternyata berbanding terbalik dengan setoran dari pajak hotel dan restoran yang ada di Banyuwangi dan ini ada yang perlu dikoreksi.” tambah Michael.

Wakil Ketua DPRD, Michael berharap agar dalam acara paripurna yang akan diadakan Jumat (23/06/2023), Bupati bisa memberikan jawaban penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan dari semua fraksi yang ada di DPRD Banyuwangi.

Untuk mengoptimalkan kehadiran anggota DPRD Banyuwangi, Micheal akan mengontak atau menelepon semua ketua fraksi yang ada di lembaga legislatif .

Sementara Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah ketika beberapa wartawan mencoba konfirmasi untuk memberikan tanggapan dan penjelasan terlihat enggan memberikan jawa dan hanya memberikan penjelasan singkat.

”Biar Sekda saja besok yang jawab.” kata Sugirah, dengan singkat.(BUT).

Loading...