oleh

Paslon Nomor Urut 2 Idris-Imam Bakal Menang di Pilkada Depok

SUARAMERDEKA.ID – Suvey Center for Indonesia Reform (CIR) menyebut paslon nomor urut 2 Idris-Imam akan memenangi Pilkada Depok 2020. Dari sekian banyak alasan, kinerja partai pendukung disebut sebagai faktor utama kemenangan paslon tersebut.

Pada diskusi aktual Pilkada Kota Depok 2020 yang digelar di Ruang Pertemuan Duta Futsal jalan H Nail kota Depok, Jumat (4/12/2020) siang, pengkaji politik CIR Subhan Akbar menjelaskan, survey yang dilakukan pihaknya ini bekerjasama dengan Komunitas Sahabat Depok (KSD) dan Viral Consulting (VC). Survey mengkaji tentang preferensi atau kecenderungan pilihan publik terhadap kandidat yang berkompetisi.

Survey dilaksanakan selama 3 hari (1-3 Desember 2020) dengan responden sebanyak 1.000 orang. Responden survey tersebar di 11 kecamatan yang meliputi 63 kelurahan se-Kota Depok.

Paslon Nomor Urut 2 Idris-Imam Bakal Menang di Pilkada Depok
Tabel survey persentasi kecenderungan respnden memilih paslon di Pilkada Depok 2020

“Hasilnya, paslon nomor urut 2, Idris-Imam diperkirakan menang dengan memperoleh 34% suara. Sedangkan paslon nomor urut 1, Pradi-Afifah, mendapat 22% suara. Sementara 25% responden menyatakan belum menentukan pilihan dan 19% reponden merahasiakan pilihannya,” kata Subhan.

Baca Juga :  Ketika Damai Tak Lagi Mententeramkan. Opini Tia Damayanti

Pengkaji politik dari CIR ini mengatakan, ada banyak faktor mengapa paslon nomor 2 Idris-Imam ini unggul. Menurutnya, keunggulan ini diantaranya karena kinerja mesin partai pendukung paslon nomor 2 cukup solid.

“Masyarakat sudah mafhum bahwa militansi kader-kader PKS yang menjadi partai pendukung paslon nomor 2 sudah teruji. Mereka dikenal loyal, sistematis dan simpatik. Selain itu PKS punya jaring komunikasi yang tertata rapi dan garis komando yang solid. Sehingga apapun yang diputuskan oleh pimpinan PKS akan diikuti oleh kader-kadernya,” ujarnya.

Selainj PKS, kata Subhan, paslon nomor urut 2 didukung penuh oleh Partai Demokrat, PPP dan Partai Berkarya. Pimpinan dan kader ketiga partai pendukung tersebut, dinilai Subhan, secara total bekerja untuk memenangkan paslon Idris-Imam.

Baca Juga :  Degradasi Kebhinekaan Generasi Muda Dapat Membahayakan Keutuhan Bangsa

“Bahkan belakangan, beredar video Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Yang mengajak warga Depok untuk mendukung paslon nomor 2 yaitu Idris-Imam,” imbuhnya.

Subhan memperkirakan, beredarnya video singkat ini dapat mempengaruhi masyarakat yang belum menentukan pilihan untuk mendukung paslon nomor urut 2.

Paslon Nomor Urut 2 Idris-Imam Bakal Menang di Pilkada Depok
Tim memaparkan hasil survey

Sementara itu, Kordinator Komunitas Sahabat Depok, Anshari Tarmizi memperkirakan, Pilkada Depok 2020 akan berlangsung seru. Pasalnya, selisih perolehan suara antara paslon nomor urut 2 dan 1 tidak terpaut jauh. Masih ada potensi 44% suara yang belum menentukan pilihan dan yang merahasiakan pilihan untuk dapat diperebutkan.

Disinilah kreatifitas masing-masing calon sangat menentukan arah dukungan masyarakat yang belum punya pilihan atau masih merahasiakan pilihan,” kata Ashari. (OSY)

Loading...

Baca Juga